Sukses

5 Smartphone Pertama di Dunia yang Pakai Android

Liputan6.com, Jakarta - Android hari ini genap berusia 10 tahun. Sistem operasi yang kala itu baru lahir masih penuh bug dan perlu perbaikan di sana sini, kini sudah hadir di lebih dari 2 miliar perangkat di dunia.

Tidak cuma di smartphone, Android kini dipakai di televisi pintar, jam tangan pintar, tablet, bahkan lemari es. Sistem mobil pun belakangan dikabarkan bakal mengadopsi Android.

Namun, tahukah kamu smartphone apa saja yang pertama kali dibekali Android sebagai OS-nya?

Yuk, napak tilas perjalanan Android di smartphone, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Tech Crunch, Senin (24/9/2018).

1. HTC G1/ Dream (2008)

HTC Dream atau yang dikenal dengan nama T-Mobile G1 di Amerika Serikat merupakan smartphone Android pertama di dunia.

Ya, Google memang telah memperkenalkan Android pada November 2007, kendati begitu, perangkat pertama yang menggunakan OS ini baru dirilis Oktober 2008 yang tidak lain adalah HTC Dream.

Dibandingkan dengan perangkat Android saat ini, HTC Dream punya bentuk yang agak aneh.

HTC Dream

Bagaimana tidak, smartphone ini memiliki layar sentuh 3,2 inci dengan resolusi 32x480 piksel, tetapi di bagian dagunya terdapat empat tombol fisik, trackball, dan keyboard fisik qwerty yang bisa di-slide dari perangkat.

Smartphone ini hadir dengan OS open source yang mengintegrasikan berbagai layanan Google seperti Gmail, Maps, hingga YouTube.

Kehadiran smartphone ini dianggap revolusioner dan disambut oleh banyak pecinta teknologi.

2 dari 5 halaman

Moto

 2. Moto Droid (2009)

Tentu saja, produk pertama Android yakni HTC Dream kurang dilirik hingga akhirnya lahirlah merek smartphone terkenal di Amerika Serikat Moto, dengan sebuah produk bernama Moto Droid.

Perangkat ini hadir dengan bodi setipis RAZR, tetapi memiliki keyboard fisik yang bisa digeser.

Meskipun tak jauh berbeda dengan HTC Dream, Moto Droid hadir dengan layar yang lebih baik dan dukungan marketing dari Motorola yang bekerja sama dengan Verizon.

Bagi banyak pecinta teknologi di zamannya, Moto Droid menjadi smartphone Android mereka.

Bagaimana tidak, perangkat Android hadir dengan sejumlah hal baru dan menarik. Tak lupa, perangkat ini jauh lebih ramah di kantong ketimbang iPhone.

3 dari 5 halaman

Nexus

3. HTC/Google Nexus One (2010)

Kolaborasi antara Google dan vendor smartphone Taiwan HTC kembali dilakukan dengan kehadiran Google Nexus One. Ya, perangkat ini merupakan brand smartphone pertama milik Google.

Nexus One hadir sebagai sebuah perangkat apik dan berkualitas tinggi yang kemudian ditujukan untuk jadi saingan iPhone.

Perangkat ini hadir tanpa keyboard seperti dua smartphone Android sebelumnya. Nexus One juga dibekali layar OLED dan desain yang indah.

Sayang, ada dua masalah utama perangkat ini. Pertama, ekosistem Android mulai ramai sehingga orang makin punya banyak pilihan saat hendak membeli smartphone Android dengan harga yang murah.

Masalah lainnya, pada saat yang bersamaan, Apple baru mau merilis iPhone 4. Sehingga seorang fanboy pasti lebih memilih iPhone 4 ketimbang perangkat ini.

4 dari 5 halaman

HTC

4. HTC Evo 4G (2010)

HTC cukup gigih mengambil kesempatan dari OS Android. Ya, smartphone Android lain yang dirilis adalah HTC Evo 4G yang dirilis tahun 2010.

Pada masanya, perangkat ini punya layar cukup besar yakni 4,3 inci. Sebab saat itu iPhone baru memiliki smartphone yang layarnya 3,5 inci. Sementara, perangkat Andorid lain di masanya juga tidak sebesar HTC Evo 4G.

Perangkat ini dibekali kamera 8MP dan menggunakan OS Android 2.1 yang bisa diperbarui hingga Android 2.3. Memori internalnya hanya 1GB dan dukungan RAM 512MB.

Soal prosesor, smartphone ini didukung chip Snapdragon S1 dan dukungan baterai 1.500mAh.

5 dari 5 halaman

Samsung

5. Samsung Galaxy S (2010)

Debut Samsung di smartphone Android dimulai pada tahun 2009 dengan merilis Samsung Galaxy.

Perangkat tersebut hadir dengan OS Android 1.6. Sayangnya di banyak negara, para pengguna justru mengkritik smartphone tersebut.

Selanjutnya di tahun 2010, Samsung merilis Samsung Galaxy S (I9008). Perangkat ini hadir dengan OS Android 2.1 yang bisa di-update hingga Android 2.3.

Perangkat 4 inci ini didukung dengan RAM 512MB dan memori intenal 8 atau 16GB.

Perangkat ini juga dibekali kamera 5MP dengan baterai berkapasitas 1.500mAh.

Kini, lini Galaxy sudah mencapai ke seri yang ke-sembilan (Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus) yang hadir dengan segudang pembaruan, terutama di sektor kamera.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Selamat Ulang Tahun yang ke-10, Android!
Artikel Selanjutnya
Sejumlah Aplikasi Keuangan Curi Data Kartu Kredit dari Pengguna Android