Sukses

5 Trik Jitu Membersihkan Laptop yang Patut Dicoba

Liputan6.com, Jakarta - Siapa dari kamu yang rajin membersihkan laptop yang sehari-hari digunakan? Banyak dari kamu pasti jarang membersihkan kotoran debu atau remahan makanan yang terjatuh di keyboard atau menempel di laptop.

Jika dibiarkan, kotoran yang menempel tentunya bakal membuat laptop yang digunakan kurang nyaman dipakai atau dipandang.

Berdasarkan laporan tim peneliti IT pada 2016, keyboard komputer berpotensi menjadi 'rumah' bagi banyak kuman, serupa dengan tempat duduk toilet.

Karena itu, tidak ada salahnya seminggu sekali membersihkan laptop. Ada baiknya sebelum dibersihkan, kamu mematikan atau mencabut baterai laptop agar tidak bermasalah.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah trik paling jitu membersihkan laptop sebagaimana dilansir Mentalfloss, Jumat (19/10/2018).

1. Casing Laptop

Pastikan mematikan laptop kamu lebih dahulu. Saat dalam keadaan mati, ambil kain dan spons untuk membersihkan debu dari casing laptop.

Usahakan untuk menggunakan seminimal mungkin pembersih berbahan cairan yang lebih kuat dari sabun yang dilarutkan.

Ada baiknya kamu menghindari penggunaan alkohol atau pembersih yang mengandung zat hidrogen peroksida ketika membersihkan layar laptop.

Setelah membersihkan bagian casing laptop dengan kain lembab, ada baiknya untuk dibersihkan kembali menggunakan kain kering.

Hal ini untuk menyingkirkan cairan yang menempel di casing laptop.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Hati-hati Bersihkan Layar

Ilustrasi  laptop (iStockPhoto)

Layar laptop termasuk sensitif dibersihkan. Ada baiknya kamu sedikit berhati-hati saat membersihkan layar, khususnya material bahan yang digunakan.

Kamu bisa memakai kain mikrofiber yang dibasahi air. Jika keduanya masih gagal, gunakan tisu khusus pembersih layar.

3. Bagian Keyboard

Selanjutnya, membersihkan kotoran dari keyboard harus perlahan-lahan agar air tidak masuk ke bagian dalam.

Gunakan sekaleng udara terkompresi atau perangkat vakum kecil untuk menyingkirkan remah-remah yang mungkin terganjal di antara tombol keyboard.

Posisikan keyboard pada sudut 75 derajat saat menyemprotkan udara ke dalam, dan putar laptop perlahan untuk membersihkan remah-remah yang membandel di dalam.

Setelah itu, oleskan korek kuping dengan alkohol untuk membersihkan lemak atau minyak yang membandel di antara tombol.

Usahakan untuk tidak terlalu banyak menggunakan alkohol, dan jangan sekalipun menempelkan korek kuping ke dalam keyboard.

 

3 dari 3 halaman

4. Trackpad

Ilustrasi laptop. Dok: theverge.com

Bagian terakhir yang wajib kamu bersihkan adalah trackpad di bagian bawah keyboard. Untuk melakukannya, persiapkan kain basah yang bebas serat.

Untuk membersihkan minyak dari jari yang menempel di trackpad, ada baiknya kamu menggunakan alkohol atau air.

5. Hapus File yang Tidak Digunakan

Setelah semua bagian luar laptop sudah dibersihkan, ada baiknya kamu sekaligus membersihkan 'sampah digital' agar laptop bekerja dengan mulus.

Hapus semua file yang tidak digunakan, bersihkan folder Recycle Bin, dan hapus file download-an yang sudah diperlukan.

(Vivi Hartini/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.