Sukses

Laptop Sulit Konek ke Jaringan WiFi? Tips Berikut Layak Kamu Coba

Liputan6.com, Jakarta - Apakah dari kamu pernah mengalami masalah dengan koneksi WiFi di laptop ketika mengerjakan tugas di kampus atau di kantor? Padahal laptop lain yang terhubung dengan koneksi WiFi semuanya beroperasi dengan normal. Tentunya hal ini membuat kamu kesal.

Nyatanya, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kamu tidak dapat terhubung dengan internet via WiFi. Salah satunya adalah masalah WiFi di perangkat.

Di dalam artikel ini, Tekno Liputan6.com merangkum cara mengatasi laptop yang tidak bisa terkoneksi WiFi.

1. Aktifkan Adapter WiFi

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan adapter WiFi di laptop. Cara paling mudah adalah dengan menekan tombol kombinasi Fn+F3.

2 dari 3 halaman

2. Instal Ulang Driver WiFi

Ilustrasi WiFi. (Doc: Getty Images)

Salah satu cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menginstal ulang driver di laptop.

Oleh sebab itu, jika WiFi yang ada di laptop kamu mati dan cara di atas tidak berhasil mengatasinya, besar kemungkinan driver WiFi kamu ada masalah.

Sebaiknya instal ulang driver tersebut. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Lalu klik "Device Manager".

Setelah itu, buka Network adapter > pilih Wifi adapters yang digunakan (kami pakai Intel Dual). Klik kanan maka akan muncul pilihan Uninstall, klik opsi tersebut.

Kemudian, tuju ikon paling kanan di bar (gambar monitor komputer dengan kaca pembesar) untuk mencari dan menginstal driver secara otomatis.

3 dari 3 halaman

3. Setting Ulang IP Address

Ilustrasi modem WiFi rumah (iStock)

Hampir sama dengan cara yang pertama, ketika kamu klik kanan pada pengaturan WiFi > lalu pilih "properties" > jika sudah pilih "Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4)" > setelah itu pilih "Obtain an IP address automatically" dan "Obtain an DNS server address automatically".

4. Restart Laptop Kamu

Jika semua cara di atas tidak dapat membuahkan hasil, maka cara yang selanjutnya adalah dengan mencoba restart laptop.

5. Restart Router

Bila kamu memiliki akses ke perangkat router, kamu bisa me-restart router penyedia WiFi yang digunakan.

(Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Bebas Pajak BBNKB untuk Mobil dan Motor Listrik di Jakarta Berlaku Lima Tahun
Artikel Selanjutnya
Tangan Dingin Ahok Sulap DKI Jakarta