Sukses

Oppo Find X Bakal Jadi Smartphone Pertama dengan RAM 10GB?

Informasi soal varian Oppo Find X dengan RAM 10 ini pertama kali diketahui dari daftar TENAA (badan sertifikasi Tiongkok).

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan RAM di smartphone tak dimungkiri terus bertambah besar. Mulai dari 1GB, kini sejumlah smartphone kelas premium dibekali dengan RAM 8GB.

Tren itu pun dipastikan tidak akan berhenti. Alasannya, menurut laporan terbaru Oppo berencana untuk merils smartphone dengan RAM 10GB.

Dikutip dari Gizmo China, Jumat (28/9/2018), smartphone Oppo yang akan dibekali dengan RAM 10GB adalah Find X. Informasi ini pertama kali diketahui daftar TENAA (badan sertifikasi Tiongkok) beberapa waktu lalu. 

Dari informasi tersebut, RAM 10GB itu akan dipadukan dengan memori internal 256GB. Jika kabar ini benar, Oppo Find X akan menjadi smartphone pertama yang memiliki RAM 10GB.

Selain penggunaan RAM yang lebih besar, spesifikasi lain dari smartphone ini terbilang masih sama. Dengan kata lain, tidak ada perubahan dari sisi chipset, kamera, dan desain Find X. 

Hingga saat ini, belum ada informasi lebih lanjut dari Oppo mengenai keberadaan varian anyar tersebut. Mengingat perangkat itu baru didaftarkan, ada kemungkinan akan lebih banyak informasi diungkap dalam beberapa bulan ke depan. 

Sekadar diketahui, Find X yang ada di pasaran saat ini sebenarnya masih menggunakan RAM 8GB. Perangkat flagship terbaru dari Oppo dibekali dengan chipset Snapdragon 845. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Find X

Oppo Find X mengusung layar lengkung AMOLED seluas 6,4 inci dengan rasio bodi 93,8 persen. Soal resolusi layar, smartphone memiliki resolusi 2.340x1.080 piksel dan aspek rasio 19,5:9.

Oppo Find X juga tidak hadir dengan poni atau notch. Ya, tidak semua orang senang dengan adanya notch di layar, maka dari itu Oppo membuat desain kamera depan dan belakang tersembunyi atau pop-up camera guna membuat bezel lebih tipis.

Menyoal kamera, Oppo Find X dibekali kamera utama ganda dengan resolusi 16MP dan 20MP. Sementara untuk kamera depannya, Oppo tidak tanggung-tanggung membekali Find X dengan kamera selfie 25MP.

Hadir dengan kamera pop-up, Oppo menggunakan teknologi mekanisme motoris yang hanya butuh waktu 0,5 detik untuk menampilkan kamera.

Pengguna pun hanya perlu membuka aplikasi kamera, kamera Oppo Find X pun akan langsung keluar dan siap menjepret gambar.

3 dari 3 halaman

Android 8.1 Oreo

Masih seputar kinerja, Oppo Find X dilengkapi baterai berkapasitas 3.400mAh yang didukung pengisian daya cepat VOOC.

Beranjak ke soal keamanan, Oppo Find X didukung teknologi face unlock berteknologi 3D alias pengenalan wajah untuk membuka kunci. Walau begitu, smartphone ini hadir tanpa pemindai sidik jari.

Adapun untuk software, Oppo Find X berjalan di atas sistem operasi Android 8.1 Oreo yang dibalut dengan tampilan Color OS milik Oppo.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.