Sukses

Tiga Smartphone Kelas Menengah Sony Bakal Usung Snapdragon 630?

Liputan6.com, Jakarta - Sony dipastikan akan memperkenalkan tiga smartphone kelas menengah (mid-end) di gelaran CES (Consumer Electronic Show) 2018 dalam waktu dekat. Ketiganya adalah penerus dari Sony Xperia XA, XA Ultra, dan L, yakni XA2, XA 2 Ultra, dan L2.

Menurut informasi yang disampaikan Venture Beat pada Senin (8/1/2018), ketiga smartphone teranyar raksasa teknologi asal Negeri Sakura ini juga akan diperkenalkan di ajang MWC (Mobile World Congress) di Barcelona.

Masih belum banyak yang bisa diungkap dari ketiganya, akan tetapi yang pasti trio smartphone Sony tersebut akan mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 630.

Kendati demikian, bocoran spesifikasi dari ketiga smartphone ini sudah lebih dulu beredar di dunia maya. Xperia XA2 sendiri, ukurannya akan sedikit lebih besar dari XA. Smartphone ini akan mengusung layar 5,2 inci dengan resolusi full HD 1.920x1.080 piksel.

Kabarnya, XA2 diperkuat RAM 3GB dan memori internal 32GB, serta berjalan di sistem operasi Android Oreo. Untuk urusan kamera, handset ini memiliki kamera utama 21MP yang mendukung resolusi 4K dan kamera depan 7MP.

1 dari 3 halaman

Bocoran Spesifikasi XA2 Ultra

Sementara, XA2 Ultra akan mengusung ukuran 6 inci dengan layar beresolusi Full HD 1.920x1.080 piksel dan mengusung memori yang sama dengan XA Ultra: RAM 4GB, memori internal 64GB, dan berjalan di Android Oreo.

Sementara untuk kamera, konfigurasinya sama dengan XA2, cuma perbedaan terletak pada kamera depan yakni 15MP yang juga bisa merekam video dalam 4K.

Sayangnya, bocoran spesifikasi untuk L2 masih terkunci rapat. Namun, VentureBeat sudah lebih dulu membocorkan desainnya seperti apa. 

Jika dilihat, L2 akan mengusung layar dengan resolusi 720 piksel dan dipastikan akan berjalan dengan Android Nougat.

2 dari 3 halaman

Desain Baru, untuk Smartphone Mana?

Sony sendiri dikabarkan menggunakan desain baru untuk setiap seri smartphone terbarunya. Namun tidak diketahui apakah desain tersebut memang benar diusung untuk XA2, XA 2 Ultra dan L2.

Jika laporan ini benar, Sony bakal melepas desain populernya, OmniBalance, yang menciptakan keseimbangan dan simetri di segala arah.

Sony akan mengganti desain OmniBalance dengan sebuah konsep baru bernama Mirai. Sony memang belum memberikan konfirmasi terkait desain baru itu, tapi pernyataan seorang eksekutifnya semakin menguatkan dugaan perubahan desain tersebut.

Managing Director Sony India, Kenichiro Hibi, mengatakan seluruh smartphone terbaru Sony akan segera hadir dengan desain baru. Ia menyampaikan hal tersebut dalam sebuah sesi wawancana dengan The Indian Express.

"Kami telah mengembangkan desain OmniBalance selama seri X tersedia di pasar. Selain itu, kami berencana meluncurkan berbagai produk generasi baru dan kalian akan melihat desain yang benar-benar baru dari perangkat-perangkat tersebut," ungkap Hibi.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Penampakan Redmi Note Baru Terkuak di Internet, seperti Apa?
Artikel Selanjutnya
Render Moto Z3 Play Beredar, Usung Layar Bezeless dan Snapdragon 636?