Sukses

Iklan Terbaru Grab Tuai Kecaman Netizen

Iklan kampanye #PilihAman Grab Indonesia malah menuai kecaman netizen di media sosial, apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Iklan terbaru Grab kini menjadi topik perbincangan hangat para netizen di media sosial. Bagaimana tidak, maksud hati ingin berkampanye positif #PilihAman, promosi layanan transportasi online asal Negeri Jiran tersebut malah menuai kecaman.

Iklan ini berupa video kampanye berdurasi 45 detik yang diunggah Grab lewat channel YouTube-nya pada Minggu (18/9/2016). Hingga berita ini diturunkan, video itu sudah dilihat sebanyak 933 ribu kali.

Sayangnya, video bertajuk #PilihAman di Jalan ini mengantongi jumlah dislikes 1.134 kali, lebih besar ketimbang jumlah yang menge-likes, hanya 976 kali.

Video tersebut menceritakan seorang remaja perempuan bernama Dinda, sekilas layar berganti, tampilan iklan mendadak berubah menjadi horor. Sekujur tubuh Dinda berdarah dibalut luka seolah ia mengalami kecelakaan.

Dijelaskan lewat voice-over yang menjadi ayah dari Dinda, ia akan menjadi seperti itu (terluka parah) jika memilih transportasi yang tidak aman.

Selain itu, ada sebuah adegan yang memperlihatkan Dinda dipanggil oleh beberapa pengendara ojek tradisional di pangkalan. Dinda malah lewat dan memilih membuka aplikasi Grab di smartphone untuk memesan ojek GrabBike.


"Pengemudi GrabBike 100 persen lulus pelatihan keselamatan berkendara," tulis kalimat di iklan tersebut. “Karena Anda tak tergantikan,” tambah bunyi voice-over di penghujung iklan.

Setelah melihat ilustrasi iklan, banyak netizen memberikan komentar negatif soal video tersebut. Mereka beranggapan bahwa iklan ini tidak etis karena secara gamblang menjelek-jelekan ojek pangkalan.

Bahkan, salah satu netizen yang berada di kolom komentar mengatakan, beberapa dari mereka masih belum merasa aman ketika naik GrabBike.

“Kok kesannya kalo naek ojek pangkalan berbahaya? ini grab perusahaan besar tp kok advertisingnya sangat tidak profesional dan kampungan sih....apa ga pakai agensi iklan?” tulis salah satu netizen dengan ID doopledenger.

“iklannya gak jelas! teralalu mengerikan buat anak2, inikan iklan untuk universal, kok idiot banget ya yang bikin konsep sama story board-nya?” tulis netizen bernama Ahmad Zaenudin.

Meski begitu, ada pula yang menganggap iklan ini brilian, seperti netizen yang satu ini. “INI BARU IKLAN!!! TOP NOTCH!” tulis akun Asal2anProduction.

Selain itu, banjir kecaman juga datang dari netizen di linimasa Twitter. Banyak yang menyayangkan mengapa Grab bisa menggarap iklan tersebut.


(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini