Sukses

5 Cara Atasi Masalah yang Kerap Muncul di Android

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, smartphone adalah salah satu perangkat yang hampir tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tapi juga bertransaksi, melakukan pekerjaan hingga sampai dengan bermain gim.

Namun, terkadang smartphone tersebut tak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal. Masalah itu bisa muncul dalam beberapa cara, semisal aplikasi yang tak bisa diakses hingga koneksi yang kunjung tersambung.

Untungnya, smartphone berbasis Android memiliki cara untuk mengatasi semua hal tersebut dengan cara mudah, sehingga tak diperlukan seseorang dengan keahlian khusus. 

Untuk itu, tim Tekno Liputan6.com memberikan lima cara mengatasi masalah yang kerap ditemui pada smartphone Android, seperti dikutip dari laman Tech Radar, Senin (30/5/2016). 

1. Bersihkan cache aplikasi

Salah satu yang sering pengguna Android alami adalah aplikasi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Salah satunya adalah sering tertutup tiba-tiba (force close), ataupun tak bisa diakses.

Untuk itu, menutup aplikasi secara langsung melalui menu recent apps menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Caranya cukup mudah, pengguna cukup melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan dari fitur recent apps, dan menyapu aplikasi yang dianggap bermasalah.

Jika cara tersebut belum berhasil menyelesaikan masalah, pengguna dapat menghapus data cache dari aplikasi yang dimaksud. Pengguna cukup masuk ke menu 'Settings', lalu 'Apps', dan buka aplikasi yang dirasa bermasalah.

Setelah dibuka, pengguna cukup memilih 'Clear Cache' untuk menghapus data yang tak terpakai. Selain 'Clear Cache', pengguna juga dapat memilih 'Clear Data' untuk membuat aplikasi berada dalam kondisi saat pertama kali dipasang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Masalah koneksi

2. Masalah koneksi

Smartphone Android biasanya sudah memiliki beberapa fitur yang mendukung banyak koneksi, mulai dari Wi-Fi, Bluetooth, termasuk data seluler. Namun, tak jarang muncul masalah sehingga masing-masing fitur tak dapat digunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara sederhana adalah menyalakan mode aeroplane selama beberapa detik lalu mematikannya kembali. Pada dasarnya, tak berbeda jauh dari memilih mematikan ponsel lalu menyalakannya kembali.

Lewat cara ini, semua fitur tersebut akan di-reboot dan disetel ulang ke posisi awal. Dengan demikian, semua fitur diharapkan dapat kembali berjalan seperti biasa.

Cara lain untuk mengatasi koneksi pada Wi-Fi dan Bluetooth adalah dengan membuat ponsel 'melupakan' jaringan yang sudah terhubung sebelumnya. Dengan demikian, ponsel membutuhkan kode untuk dimasukkan agar bisa terhubung kembali.

3. Setel ulang ponsel

Ketika beberapa cara di atas tak menemui hasil, tak ada salahnya untuk me-restart ponsel yang digunakan. Cara ini dilakukan untuk menyetel ulang semua koneksi data, aplikasi, termasuk ponsel itu sendiri dan menyala dalam keadaan bersih.

Namun, jika masih kesulitan untuk melakukan proses restart seperti biasanya, ada cara lain untuk membuat ponsel me-reboot sistemnya.

Caranya, tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, ponsel otomatis akan melakukan reboot sistem.

3 dari 3 halaman

Cek penggunaan baterai

4. Cek penggunaan baterai

Tak jarang pengguna Android mengeluhkan baterai yang cepat habis. Namun, sebenarnya ada cara untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menghabiskan banyak daya baterai. Dengan demikian, pengguna dapat menonaktifkan aplikasi tersebut.

Caranya, pengguna dapat membuka menu 'Settings', lalu pilih 'Battery'. Setelah itu, lihat aplikasi yang paling banyak menghabiskan daya baterai.

Namun, perlu diingat bahwa tak semuanya daftar di menu baterai itu adalah aplikasi unduhan, ada pula sistem yang terus digunakan untuk menjalankan Android.

5. Lakukan factory reset

Langkah ini merupakan tahap akhir apabila memang beberapa cara sebelumnya tak berhasil. Cara ini memastikan ponsel pengguna kembali seperti baru lagi, dan dimungkinkan untuk memasang aplikasi apapun juga.

Menu 'Factory Reset' dapat ditemukan di bawah pilihan 'Backup & reset' di menu 'Settings'. Dengan melakukan penyetelan ulang, diharapkan seluruh masalah tadi dapat diselesaikan.

Namun, perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus semua data, gim, aplikasi, foto, termasuk apapun yang sudah pernah diunduh sebelumnya. Untuk itu, sebelum memilih cara ini, sebaiknya pengguna membuat data cadangan.

(Dam/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS