Sukses

XL Kenalkan Internet of Things Lewat Solusi YuBox

YuBox merupakan solusi terintegrasi dengan memanfaatkan akses data untuk kebutuhan korporat.

Liputan6.com, Jakarta - Operator XL Axiata mengenalkan layanan Internet of Things (IoT) di Indonesia melalui YuBox, solusi terintegrasi dengan akses data untuk kebutuhan korporat. Solusi ini dapat menjadi media untuk menyebarkan informasi berupa advertising, konten aplikasi, video, hingga musik. 

Chief Digital Service Officer XL Axiata, Ongki Kurniawan, mengatakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat membuka kesempatan sangat luas bagi operator untuk menciptakan solusi sesuai keperluan, baik untuk perorangan maupun korporasi.

"YuBox tak hanya menawarkan konektivitas, tetapi juga solusi platform, aplikasi, serta perangkat IoT. Layanan ini siap dimanfaatkan untuk dunia usaha,” ujar Ongki dalam siaran pers yang diterima tim Tekno Liputan6.com, Kamis (10/9/2015). 

YuBox bekerja dengan memanfaatkan jaringan data XL dan platform aplikasi yang terhubung dengan perangkat WiFi Router. Saat pelanggan korporat mengaktifkan YuBox pada lokasi yang ditunjuk, pengguna ponsel dapat membuka halaman browser atau internet secara otomatis tanpa harus melakukan proses login.

Tampilan halaman pemberitahuan (landing page), konten berita, promo, dan hiburan lain dapat diakses secara online dan offline saat tak terhubung ke layanan data.

Selain menyediakan perangkat router WiFi, XL IoT juga menyediakan platform aplikasi konten dan kartu pascabayar dengan paket data internet. Layanan XL IoT ini memiliki kontrak berlangganan setahun, di mana pelanggan dapat menikmati WiFi Router, konten aplikasi, dan paket data mulai dari 3GB hingga Unlimited setiap bulannya.

Sebelumnya, YuBox telah diperkenalkan pada event Asia IoT Platform pada akhir Agustus lalu di Jakarta. Dari hasil pengujian dengan beberapa pelanggan korporat, YuBox dapat memberikan nilai tambah dalam mengirimkan service kepada pelanggan akhir. Selain itu, YuBox juga dapat menjadi revenue stream baru untuk pemasangan iklan dalam laman konten aplikasinya.

Layanan ini disasar untuk pelanggan korporat dari segmen industri transportasi, retail, dan para pelaku bisnis yang memanfaatkan area layanan publik.

(cas/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.