Sukses

Makin Informatif, Pengguna Kini Bisa Lacak Semua Tweet di Twitter

API baru yang dirilis Twitter dapat membantu untuk melihat seluruh tweet yang pernah muncul.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter baru-baru ini mengeluarkan application program interface (API) baru yang dapat memberikan akses bagi pihak-pihak yang ingin melihat semua tweet yang pernah muncul. Kurang lebih ada 500 tweets yang muncul selama lebih dari sembilan tahun.

Contoh penggunaan fitur baru ini adalah sebagai alat bantu beberapa perusahaan untuk mengulas tweet-tweet lama dari  kampanye iklan yang pernah muncul, tanggapan dari customer service, bahkan kabar mengenai peluncuran produk untuk melihat hal-hal yang dianggap berhasil atau yang dianggap gagal.

Dilansir laman Wired, Rabu (12/8/2015), Giles Palmer, Chief Executive of Social Media Marketer Brandwatch mengatakan langkah yang dilakukan Twitter ini merupakan sebuah langkah besar dalam pengumpulan data dengan menggunakan wawasan dan informasi yang bersumber dari media sosial.

"Impian tentang penggalian data secara real-time dengan informasi yang mendalam dan tidak memihak, dalam skala global nampaknya akan semakin dekat," tambah Palmer.

Sebelumnya, tahun lalu Twitter tidak memiliki kemampuan untuk melacak setiap tweet yang muncul. Namun, sekarang Twitter tidak hanya dapat melakukan hal ini, namun juga dapat menggunakannya sebagai data untuk memberikan umpan balik bagi penggunanya di masa depan.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini