Sukses

7 Berita Hoax di FB yang Gemparkan Dunia Sepanjang 2014

Mari kita simak sejumlah berita hoax alias berita palsu yang beredar di Facebook sepanjang tahun 2014 berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari kita menelan bulat-bulat informasi yang tersebar di Facebook dan menganggap itu sebagai fakta. Aplagi informasi tersebut dibarengi dengan bukti gambar atau sesuatu yang tampak samar.

Tapi itu semua bukan semata-mata kesalahan kita. Jika informasi yang sama muncul di Facebook berkali-kali, wajar saja bila kita percaya bahwa itu benar-benar fakta. 

Menurut Cabell Gathman dari The Daily Dot, media sosial memang membuat seseorang rentan untuk mendapatkan berita hoax alias berita palsu. Dan bahayanya, banyak dari kita yang mudah percaya begitu saja dengan kabar bohong tersebut.

Mengutip laman Huffington Post, Selasa (16/12/2014), mari kita simak sejumlah hoax yang beredar di Facebook sepanjang tahun 2014 berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Macaulay Culkin Mati Muda

1. Macaulay Culkin Mati Muda

Menurut laman Snopes, berita palsu yang santer terdengar di Facebook dimulai dari kabar kematian mantan bintang cilik Macaulay Culkin, yang dengan cepat tersebar di situs media sosial tersebut. Tapi pada kenyataannya, Macaulay Culkin masih hidup.

Kabar hoax ini berawal dari tampilan gambar yang seperti sebuah screenshoot dari berita TV bertuliskan: "Breaking: Macaulay Culkin Found Dead At Age 34." Tampilan grafis yang sangat meyakinkan itu kemudian disebar hingga lebih dari 700 ribu kali di Facebook.

3 dari 8 halaman

2. Betty White Meninggal Dunia

2. Betty White Meninggal Dunia

Pada 2 September 2014, beberapa orang di situs Empire News membicarakan tentang sesuatu yang terbilang sangat keterlaluan. Mereka membahas kematian Betty White. Artikel berjudul "Actress Betty White Dyes Peacefully In Her Los Angeles Home," itu disebar lebih dari 2 juta kali di Facebook.

Padahal saat berita hoax itu beredar di media sosial, aktris berusia 92 tahun itu masih dalam keadaan sehat. Betty White adalah seorang aktris, komedian, penyanyi, dan penulis yang telah berkarir lebih dari tujuh dekade. Selama karirnya, White telah memenangkan tujuh Emmy Awards dan telah menerima 20 nominasi Emmy Awards.

4 dari 8 halaman

3. iPhone Bisa Dicas di Microwave

3. iPhone Bisa Dicas di Microwave

Pengguna situs forum 4chan merilis kabar palsu terkait sistem operasi anyar iOS 8. Hoax yang beredar di media sosial itu menyebutkan bahwa para pengguna iPhone yang sudah melakukan update sistem operasi ke iOS 8 akan mendapatkan sebuah fitur eksklusif anyar bernama 'Apple Wave'.

Fitur ini disebut memungkinkan sebuah iPhone dapat dicas menggunakan microwave. Pengguna hanya perlu menaruh iPhone mereka ke dalam microwave dan dipanaskan selama beberapa saat. Hasilnya baterai akan langsung terisi penuh.

Sepertinya ada banyak orang yang percaya dengan berita palsu itu. Seorang pria men-tweet hasil dari tindakan ini setelah dia mencoba fitur itu pada iPhone miliknya. Hasilnya, iPhone tersebut terbakar.

5 dari 8 halaman

4. Pluto jadi Planet Lagi

4. Pluto jadi Planet Lagi

Berita hoax yang juga menghebohkan para netizen adalah kabar yang menyatakan Pluto menjadi planet atau meraih status sebagai planet lagi. Banyak artikel yang tersebar ke Facebook dengan tajuk "Wait, what? Pluto a planet again? " dan "The People Have Spoken: Pluto is a planet!"

Tiga ahli fisika berdebat tentang status Pluto sebagai planet dan para peserta di even Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics diminta men-voting untuk menentukan apakah Pluto itu sebuah planet. Hasilnya, banyak peserta memilih Pluto sebagai planet mini.

6 dari 8 halaman

5. Facebook Akan Memungut Bayaran

5. Facebook Akan Memungut Bayaran

Berita hoax ini muncul kembali dari sebuah situs berita satir. Situs itu menulis artikel yang menyatakan bahwa Facebook akan mulai menarik biaya sebesar US$ 3 atau Rp 36 ribu per bulan kepada para penggunanya untuk meringankan biaya operasional.

Kabar yang beredar pada September 2014 itu kemudian menyebar ke Facebook lebih dari 2,3 juta kali. Facebook menegaskan bahwa mereka tidak akan pernah mengenakan biaya kepada penggunanya karena memperoleh uang dari iklan.

7 dari 8 halaman

6. Kulit Lemon Dapat Hancurkan Sel Kanker

6. Kulit Lemon Dapat Hancurkan Sel Kanker

Ini adalah salah satu informasi konyol yang dibuat oleh situs Natural News. Dan secara mengejutkan, berita hoax ini banyak menarik perhatian para pengguna Facebook - setidaknya telah disebar ratusan ribu kali di Facebook.

Natural News sendiri kerap mempublikasikan teori konspirasi tentang kesehatan dan menerbitkan artikel tentang obat-obatan alternatif. Faktanya, banyak artikel yang ada di situs itu tak memiliki dasar dan sumber yang kuat.

8 dari 8 halaman

7. Tragedi 9/11 Tidak Benar-benar Terjadi

7. Tragedi 9/11 Tidak Benar-benar Terjadi

Sebuah artikel tentang Tragedi 9/11 yang menyesatkan beredar secara luas di internet. Artikel itu mengklaim bahwa mereka memiliki sebuah video yang menunjukkan bahwa peristiwa yang terjadi pada 11 September 2011 di World Trade Center (WTC), Amerika Serikat itu tidak benar-benar terjadi.

Artikel ini menuai banyak komentar pedas dan tercatat telah disebar lebih 380 ribu kali di Facebook. Tak lama kemudian, sejumlah portal berita kenamaan membuktikan bahwa video itu tidak benar. (isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.