Sukses

Windows 95 Hidup Kembali di Galaxy Gear

Windows 95 buatan Microsoft hidup kembali di perangkat besutan Samsung, Galaxy Gear.

Liputan6.com, Jakarta - Windows 95 telah lama ditinggalkan para pengguna perangkat komputer di seluruh dunia. Tapi, pernahkah terbayangkan kalau sistem operasi lawas buatan Microsoft itu berjalan di perangkat teknologi terkini seperti smartwatch?

Ternyata sistem operasi yang telah lama 'mati' itu kembali hidup di perangkat besutan Samsung, Galaxy Gear. Sebuah video menampilkan bagaimana platform komputer jadul itu berjalan dengan baik di jam tangan pintar dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Sebagai informasi, penggunaan Windows 95 di Galaxy Gear itu merupakan ulah aDosBox, aplikasi di Android. aDosBox memiliki fungsi dasar sebagai sebuah emulator yang memungkinkan perangkat untuk menjalankan Windows 95. Aplikasi memungkinkan x86 OS mengoperasikan arsitektur berbasis ARM.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (6/10/2014), salah satu alasan Windows 95 yang dibuat untuk perangkat komputer berjalan di Galaxy Gear dikarenakan spesifikasi yang ada di dalamnya sudah lebih tinggi daripada desktop komputer 20 tahun silam.

Galaxy Gear dibekali prosesor quad-core Snapdragon 400 besutan Qualcomm dipadu RAM 512 MB dan layar 1,6 inci. Ruang penyimpanan internal seluas 4 GB bahkan melebihi kepingan harddisk yang biasa dipakai untuk komputer di rumah.

Lihat saja dalam rekaman video berikut ini, Anda mungkin akan terkesan bagaimana perangkat kecil dapat mengoperasikan Windows 95 dengan cukup baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini