Sukses

Asyik Merokok Sambil BAB di Toilet Kamar Kos, Warga Wajo Sulsel Gosong Jadi Korban Ledakan Septic Tank

Sebuah septic tank di di rumah kos, Jalan Anggrek, Sengkang Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, tiba-tiba meledak dan mengaketkan warga sekitar. Akibatnyas satu orang, berinisial SY menjadi korban dan harus dilarika ke rumah sakit.

Liputan6.com, Makassar - Sebuah septic tank di di rumah kos, Jalan Anggrek, Sengkang Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, tiba-tiba meledak dan mengagetkan warga sekitar. Akibatnya satu orang, berinisial SY, menjadi korban dan harus dilarikan ke rumah sakit. Tubuhnya mengalami luka bakar serius.

Kapolres Wajo Sulsel AKBP Fatchur Rochman menyatakan, berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dilakukan Tim Puslabfor Polda Sulsel, diketahui penyebab ledakan tersebut adalah adanya unsur mirip aliran gas berada di septic tank diduga naik ke kamar mandi di rumah kos tersebut.

Dan di saat bersamaan korban, penghuni kamar kos tersebut masuk ke kamar mandi menyalakan korek api dengan maksud untuk merokok sambil buang air besar sehingga terjadi ledakan.

"Untuk informasi sementara dugaan Puslabfor Polda Sulsel hal itu yang memicu ledakan," ujar Kapolres, dikutip dari Antara, Senin (10/7/2023).

Olah TKP di laksanakan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polda Sulsel didampingi Tim inafis Polres Wajo dan dilakukan pengamanan oleh Tim Penjinak Bom (Jibom) Detasemen C Brimob Bone. Dampak ledakan membuat dinding antara kamar tujuh dan delapan jebol.

Sedangkan untuk kondisi korban terdampak saat ini sedang mendapatkan perawatan intensif secara medis di Rumah Sakit Hikmah, Sengkang Kabupaten Wajo.

Selain itu, Kapolres Wajo bersama unsur Forum Koordinator Pimpinan Kecamatan Tempe tetap memantau dan melakukan pengamanan TKP tersebut sambil menunggu hasil yang lebih pasti dari Puslabfor Polda Sulsel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahaya Gas Septic Tank

Tragedi septic tank meledak kerap terjadi. Penyebab septic tank meledak dipicu adanya gas metana. Dalam kondisi tertentu, gas metana yang termasuk salah satu gas beracun mudah meledak.  

Bukan hanya itu saja, gas-gas beracun lain yang ada dalam septic tank menimbulkan efek keracunan dan berbagai permasalahan kesehatan.

"Septic tank itu area tertutup yang dibuat sebagai saluran pembuangan air kotor dan gas-gas yang dihasilkannya. Gas saluran pembuangan bisa beracun dan tidak beracun. Komponen utamanya adalah metana, yang sangat beracun dalam konsentrasi tinggi," jelas peneliti Uma Hariharan dari Institute of Medical Education and Research, Central Health Services, India melalui jurnal berjudul A Fatal Case of Septic Tank Gas Poisoning: Critical Care Challenges, ditulis Kamis (7/11/2019).

"Lalu ada gas sewer yang merupakan campuran hidrogen sulfida, amoniak, karbon dioksida, nitrogen dioksida, sulfur dioksida, bahkan karbon monoksida. Konsentrasi komponen-komponen ini berbeda seiring waktu, tergantung komposisi limbah, suhu, dan pH."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.