Sukses

7 Momen Penanaman Pohon di Kebun Raya Mangrove Pertama di Dunia

Bersama relawan, Risma pimpin penanaman 50 ribu pohon di Kebun Raya Mangrove pertama di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Surabaya bakal memiliki Kebun Raya Mangrove pertama di dunia. Berlokasi di wilayah Mangrove Gunung Anyar dengan luas mencapai 46 hektare ini ke depannya akan terus ditanami berbagai jenis mangrove secara bertahap.

Pada Jumat (16/8/2019) bersamaan dengan kegiatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama dengan jajarannya menanam 50 ribu pohon dan menebar 15 ribu benih ikan di Kebun Raya Mangrove.

Penanaman pohon ini dipusatkan di Bozem Medokan Sawah Timur Surabaya, dengan luas 16 hektare dari total 46 hektare. Kegiatan ini dimulai pukul 06.00 WIB dan diikuti sekitar 500 peserta yang terdiri atas Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya, gabungan perusahaan-perusahaan yang memberikan CSR, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Tri Rismaharini mengungkapkan, wilayah Gunung Anyar ketika musim hujan mengalami banjir pada 2010. Perumahan-perumahan di sekitarnya juga ikut terendam. Oleh karena itu, pihaknya terus berupaya dengan penanaman pohon mangrove untuk menanggulangi masalah tersebut.

"Kalau kita tidak membentengi diri risikonya berat. Bapak, ibu mengingat hampir sebagian besar kota-kota di Asia Pasifik lebih banyak berada di pinggir laut," kata Risma.

Berikut potret suasana penanaman pohon mangrove di Kebun Raya Mangrove pertama di dunia yang Liputan6.con kutip dari Instagram @surabaya, Sabtu (17/8/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Kebun Raya Mangrove ini nantinya akan menekan banjir dan polusi udara

3 dari 8 halaman

2. Selain banjir dan polusi, penanaman mangrove ini juga mampu meminimalkan dampak patahan aktif yang dapat menyebabkan terjadinya gempa atau bencana alam yang lain

4 dari 8 halaman

3. Pohon mangrove yang ditanam totalnya mencapai 50 ribu pohon

5 dari 8 halaman

4. Acara ini pun dipimpin langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

6 dari 8 halaman

5. Selain itu penamanan pohon ini juga dibantu oleh relawan dan CSR

7 dari 8 halaman

6. Kelak lokasi ini akan dijadikan Kebun Raya Mangrove pertama di dunia dengan total luas 46 hektare

8 dari 8 halaman

7. Kawasan ini akan dihubungkan dengan Wisata Hutan Mangrove yang berada di Wonorejo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.