Sukses

Penjelasan Raffi Ahmad soal Program Sahurnya Berhenti Tayang Usai Ditegur KPI: Masalah Teknis

Acara tersebut ditegur karena menghadirkan Rayyanza Malik Ahmad yang notabene masih di bawah umur.

Liputan6.com, Jakarta Program Saurans yang dipandu oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ditegur oleh Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI. Hal ini diumumkan melalui akun Instagram resmi KPI pada Kamis (4/4/2024).

Acara tersebut ditegur karena menghadirkan Rayyanza Malik Ahmad yang notabennya masih di bawah umur dalam dua episode berturut-turut. Hal ini menyalahi Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 01/P/KPI/03/2012 tentang Pedoman Perilaku Penyiaran Pasal 14 Ayat (1).

"Bahwa Program Siaran SauRans di NET. yang ditayangkan oleh stasiun BTV pada tanggal 13-14 Maret 2024 mulai pukul 03.49 WIB dengan klasifikasi R13+ secara live menampilkan anak di bawah umur a.n. Rayyanza Cipung," begitu keterangan yang tercantum di situs kpi.go.id.

Poin kedua tertulis bahwa lembaga penyiaran wajib memberikan perlindungan dan pemberdayaan kepada anak dengan menyiarkan program siaran pada waktu yang tepat sesuai dengan penggolongan program siaran.

"Tiga, bahwa berdasarkan Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 01/P/KPI/03/2012 tentang Pedoman Perilaku Penyiaran Pasal 14 Ayat (2), lembaga penyiaran wajib memperhatikan kepentingan anak dalam setiap aspek produksi siaran," tulis KPI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak-Anak Tidak Boleh Disiarkan Lewat Tengah Malam

Poin terakhir, berdasarkan Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 02/P/KPI/03/2012 tentang Standar Program Siaran Pasal 15 Ayat (4), program siaran langsung yang melibatkan anak-anak dilarang disiarkan melewati pukul 21.30 waktu setempat.

Buntut dari teguran ini, program Saurans berhenti tayang di hari ke-23 Ramadhan tepat pada Rabu (3/4/2024). Setelahnya, Raffi dan Nagita menjalani rutinitas sahur di rumah tanpa syuting.

3 dari 4 halaman

Penjelasan Raffi Ahmad

Ayah dua anak itu kemudian membahas soal program acara sahurnya yang berhenti tayang tanpa menyinggung teguran dari KPI. Dia bilang, acara Saurans bungkus karena masalah teknis.

"Kita sahur guys, ini kita biasanya acara sahur tapi karena satu dan lain hal, ada masalah teknis, bukan karena masalah performa, bukan masalah apa pun tapi masalah teknis. Ya, nggak apa-apa," katanya sambil santap sahur bersama istri.

4 dari 4 halaman

Kemunculan Rayyanza Dikritisi Warganet

Diberitakan sebelumnya, sama seperti Ramadhan tahun lalu, tahun ini pun Rayyanza Malik Ahmad alias Cipung kembali muncul dalam program acara sahur yang dibintangi oleh ayah dan ibunya.

Program acara sahur ini tayang di salah satu televisi swasta sejak dini hari sampai azan subuh berkumandang. Anak berusia 2 tahun tersebut muncul dalam salah satu segmen dalam kondisi masih mengantuk. Potongan tayangan itu viral dan sempat dikritik keras oleh warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.