Sukses

Touring Edukasi Bela Negara Digelar di Bali

Touring Edukasi Bela Negara ID42NER Chapter Tangerang Raya Ke Koarmada II, baru saja digelar di Surabaya dan Bali.

Liputan6.com, Jakarta Setiap Negara membutuhkan fundamental ekonomi, budaya, dan pertahanan keamanan nasional yang kokoh. Tanpa fundamental ketahanan nasional yang kuat, ancaman keamanan dan kenyamanan bangsa sangat rentan.

Mengambil tema ‘Touring Edukasi Bela Negara’ komunitas otomotif paling bergengsi ini melakukan ekspedisi ke sejumlah tempat di Jawa dan Bali. Melibatkan para anggotanya yang merupakan generasi muda potensial.

“Inilah pentingnya pembinaan kesadaran bela negara melalui berbagai kegiatan berbasis anak muda,” ujar Capt. Andi M. Pakpahan. M.Mar, Ketua Panitia Pelaksana Hari Ulang Tahun Ke-5 Toyota Fortuner Club of Indonesia ID42NER Chapter TangRay (Tangerang Raya), di Bali Selasa (2/1/2024).

“Kami mengambil tema Touring Edukasi Bela Negara di Koarmada II Surabaya. Touring ini merupakan giat ketiga dari rangkaian giat Chapter TangRay untuk selalu memberikan edukasi terhadap anggotanya di pangkalan militer,” terang Capt. Andi M. Pakpahan lebih lanjut.

Selain diberi kesempatan mengeksplorasi KRI Bima Suci dan KRI Surabaya, Chapter TangRay juga diberi kesempatan masuk Museum Pusat Angkatan Laut yang sebenarnya belum dibuka untuk umum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

SDM Menjadi Titik Sentral Potensi Bangsa

Pada waktu yang sama, Djoko Wiyono, Ketua Toyota Fortuner Club of Indonesia ID42NER Chapter TangRay menyampaikan, sumber daya manusia menjadi titik sentral potensi bangsa.

“Sumber daya manusia kaitannya dengan ¬pemuda sangat penting. Melalui kegiatan kesadaran bela Negara ini, kita tanamkan sikap cinta tanah air,” ujar Djoko Wiyono.

Bela negara adalah keniscayaan dan bukan hal yang baru. Bahkan kata Djoko Wiyono, konsep membela negara sudah ada sejak negara Indonesia berdiri.

“Kemerdekaan yang saat ini kita rasakan adalah wujud bela Negara tanpa pamrih. Dalam kesempatan ini kami juga menyampaikan terima kasih kepada Koarmada II Surabaya dan teman-teman peserta sudah berkenan berkolaborasi,” ujarnya.

3 dari 5 halaman

Seluruh Nusantara Ikut Berpartisipasi

Dalam kegiatan ini, Djoko Wiyono menjelaskan, 21 Chapter dari seluruh nusantara ikut berpartisipasi. Total 267 person ikut bergabung bersama 109 mobil Fortuner.

“Kali ini Chapter Tangray berhasil menembus zona merah militer Komando Armada II (Koarmada II) Surabaya untuk berwisata edukasi bersama,” terang Djoko Wiyono.

Touring Edukasi Bela Negara Toyota Fortuner Club of Indonesia ID42NER Chapter TangRay (Tangerang Raya) ini juga diisi giat bakti sosial berkolaborasi dengan Dispotmar Koarmada II Surabaya.

“Jarak dan tempat tidak menghalangi kami untuk selalu berbagi. Ada 200 keluarga penerima baksos yang kami santuni. Kami bahagia dapat berbagi dan mereka juga tampak bahagia menerima tali kasih dari kami,” tutur Djoko Wiyono.

 

4 dari 5 halaman

Acara Puncak Gala Dinner

Kegiatan yang berlangsung sejak Selasa, 26/12/2023 ini, ditutup dengan acara puncak gala dinner di Harris Hotel & Conventions Bundaran Satelit Surabaya, Kamis, 28/12/2023.

Dalam sambutannya, Panglima Komando Armada 2, Laksda TNI Dr. Denih Hendrata, S.E.,M.M, yang diwakili Kolonel Laut (P) Ari Aryono (Asintel Pangkoarmada II), menyampaikan, bela negara bukan sekadar semangat patriotisme.

“Tetapi sikap kesadaran untuk ikut serta aktif dalam membangun dan menjaga keutuhan serta kedaulatan bangsa,” paparnya.

Melalui acara Touring Edukasi Bela Negara ini, lanjut Panglima Komando Armada 2, Toyota Fortuner Club of Indonesia ID42NER Chapter TangRay menunjukkan kesediaan untuk terus belajar tentang nilai-nilai kebangsaan.

Menyadari pentingnya tanggung jawab sosial, serta perlunya terus menjaga kebersamaan dalam mewujudkan Indonesia menjadi lebih baik.

“Mari terus semangat menginspirasi generasi penerus, agar mereka juga turut mengemban tanggung jawab. Ikut membangun negeri ini dengan penuh kebanggaan,” kata Asintel Pangkoarmada II, Kolonel Laut (P) Ari Aryono, mewakili Laksda TNI Dr. Denih Hendrata, S.E.,M.M,.

5 dari 5 halaman

Sambutan Baik dari Kolonel Marinir

Kadispotmar Koarmada II Surabaya, Kolonel Marinir Hariyono Masturi M.Tr.Hanla, M.M, juga menyambut baik kedatangan Touring Edukasi Bela Negara Toyota Fortuner Club of Indonesia ID42NER Chapter TangRay (Tangerang Raya).

"Selamat datang di Koarmada II Surabaya para peserta Touring Edukasi Bela Negara id42ner Chapter TangRay. Selamat belajar di Pangkalan Militer kami. Kami berharap kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat dan kebanggaan bela Negara bagi peserta,” ujarnya.

Setelah menyelesaikan touring Edukasi Bela Negara di Zona Militer Koarmada II Surabaya, Jawa Timur, rombongan komunitas ID42NER Chapter Tangerang Raya (TangRay) meneruskan perjalanan menuju Pulau Dewata untuk merayakan Hari Ulang Tahun Ke-5 Toyota Fortuner Club of Indonesia ID42NER Chapter TangRay (Tangerang Raya), di Bali, Selasa (2/1/2024).

ID42NER Chapter TangRay berkolaborasi dengan ID42NER Chapter Bali mengadakan touring edukasi ke desa wisata budaya, Desa Tenganan Pegringsingan, Kecamatan Manggis Karangasem, Bali.

Selama di pulau Bali, diharapkan ID42NER Chapter TangRay bisa memperkenalkan indahnya pulau Dewata kepada seluruh anggota.

“Dengan kedatangan lebih dari 50 kendaraan dengan jumlah 197 peserta dari ID42NER Chapter TangRay ini berharap bisa ikut memperdayakan UMKM yang ada di pulau Dewata,” ujar Djoko Wiyono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.