Sukses

G-Dragon Bakal Bikin Yayasan untuk Atasi Problem Kecanduan Narkoba, Matanya Terbuka soal Kondisi di Korea Selatan

G-Dragon jadi melek soal masalah narkoba yang membelit Korea Selatan, setelah akhirnya berhasil membersihkan namanya dari tudingan penyalahgunaan barang haram ini.

Liputan6.com, Seoul - Tak berapa lama setelah lepas dari kasus narkoba yang membelitnya, G-Dragon mengumumkan dua kabar penting. Pertama, ia bergabung dengan agensi baru, Galaxy Corporation. Kedua, tahun depan rencananya ia akan membuat yayasan yang ikut terjun menangani masalah kecanduan narkotika di Korea Selatan.

Dilansir dari Korea JoongAng Daily, Kamis (21/12/2023), hal ini disampaikan lewat surat GD yang disampaikan kepada media.

“Seperti yang Anda ketahui semuanya, saya melewati masa-masa yang sangat sulit pada tahun ini,” begitu pernyataan yang dibacakan oleh agensinya, dalam pertemuan hari ini di Seoul.

Setelah melewati kasus hukum ini, pria bernama asli Kwon Ji Yong ini jadi melek dengan problem kecanduan narkoba di negaranya.

“Melewati masa-masa sulit itu, saya menyaksikan hal-hal yang belum pernah kulihat dan kualami sebelumnya. Ada hampir 20 ribu orang yang didakwa karena kejahatan narkoba setiap tahunnya, dan di antara mereka, jumlah remaja meningkat secara dramatis,” tulis GD, diwartakan Yonhap News.

Ditambahkan, “Saya juga mengetahui sebuah berita yang menyedihkan, bahwa orang yang memiliki akses terhadap perawatan [untuk kecanduan narkoba] yang layak di institusi medis jumlahnya kurang dari 500 orang.”

Belum jelas detail yayasan ini nantinya, tapi GD akan dibantu agensinya. Organisasi ini nantinya ditujukan untuk memberikan sistem pendukung bagi orang-orang yang membutuhkan dan kekurangan sumber daya, juga untuk mendukung seniman muda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peringatan untuk Blogger dan Media

Hal lain yang disampaikan dalam konferensi pers ini, agensi baru GD meminta media hingga blogger untuk menghapus rumor dan berita keliru mengenai tuduhan narkoba sang artis.

"Kami akan memberi Anda waktu satu minggu, hingga tengah malam tanggal 28 Desember, untuk memperbaikinya. Kami sangat mendorong Anda untuk menghapus atau memperbaiki semua konten yang merusak reputasi Kwon Ji Yong,” kata perwakilan agensi.

3 dari 4 halaman

Bakal Ambil Langkah Tegas

Bila permintaan ini tak dipenuhi, agensi tak segan mengambil langkah tegas. "Setelah tanggal tersebut, kami akan mengambil langkah tegas, tanpa toleransi."

Seperti diketahui, pada akhir Oktober lalu G-Dragon diinvestigasi atas dugaan penggunaan obat terlarang.

4 dari 4 halaman

Tiga Kali Hasil Tes Negatif

Sejak awal tudingan ini muncul ke permukaan, G-Dragon tegas membantah dugaan ini. Namun, ia tetap menjalani investigasi dengan sukarela, untuk membersihkan namanya.

Ia melewati tiga kali tes narkoba--termasuk melalui sampel rambut--dan tiga-tiganya dinyatakan negatif. Kabar terakhir, polisi akan menutup kasus ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.