Sukses

G-Dragon Lepas dari Tudingan Narkoba, Kasusnya Dikabarkan Bakal Ditutup Polisi karena Minim Bukti

Polisi menginvestigasi G-Dragon atas dugaan penggunaan narkoba karena pengakuan seorang pemilik bar di Gangnam, Seoul.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah media Korea Selatan mengabarkan bahwa kasus dugaan penyalahgunaan narkoba yang sempat membelit G-Dragon akhirnya bakal ditutup. Dilansir dari Korea JoongAng Daily, Kamis (14/12/2023), Maeil Business Newspaper melaporkan bahwa Kepolisian Metropolitan Incheon menyimpulkan bahwa G-Dragon tidak menggunakan obat-obatan terlarang.

Karena itulah, kasus yang sempat membelitnya pada akhir Oktober ini tidak akan diteruskan ke tahap penuntutan.

“Kami berencana menutup kasus Kwon," kata seorang pejabat polisi seperti dikutip Maeil Business, merujuk nama asli GD, Kwon Jiyoung. Ditambahkan, “Kami akan menarik kesimpulan final pada akhir Desember.”

Dilansir dari Allkpop, tanggapan warganet Korea Selatan atas kabar ini bermacam-macam. Apalagi sepanjang investigasi dugaan narkoba, pemberitaan dan spekulasi yang beredar meliar.

Mereka membuat keributan tapi kemudian tidak ada penuntutan. G-Dragon pasti merasa tak adil,” kata seorang warganet.

“Mereka perlu membuat permintaan maaf terbuka kepada G-Dragon,” tutur yang lain.

Seperti diketahui sebelumnya polisi menginvestigasi member Bigbang tersebut atas kecurigaan penggunaan narkoba karena pengakuan seorang pemilik bar di Gangnam, Seoul. Disebutkan bahwa GD menggunakan narkoba pada Desember tahun lalu.

Sang pelantun “Fantastic Baby” bahkan sempat dicekal sehingga tak bepergian keluar negeri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Kali Tes Narkoba, 3 Kali Keluar Hasil Negatif

Dalam pemeriksaan oleh kepolisian, G-Dragon menjalani tiga kali screening narkoba lewat urine, rambut, dan juga kuku. Ketiga tes mendapat hasil negatif.

Sang bintang K-Pop juga sudah sejak awal menyangkal tuduhan yang dilekatkan kepadanya. “Pertama-tama, tak ada kebenaran terhadap [klaim] bahwa saya menggunakan narkoba,” kata G-Dragon.

3 dari 4 halaman

GD Diperiksa Secara Sukarela

Meski membantah, GD menyatakan dirinya tetap akan mengikuti investigasi, bahkan dengan sukarela datang untuk diperiksa.

“Karena saya tahu banyak yang menaruh perhatian, saya akan secara aktif bekerja sama dengan investigator dari kepolisian dan berpartisipasi dengan tekun,” tuturnya.

4 dari 4 halaman

Cekal Diangkat

Pencekalan terhadap GD akhirnya diangkat pada 25 November 2023, tepat sebulan setelah ia disebut-sebut dalam kasus ini.

Bersamaan dengan GD, artis lain yang tengah diinvestigasi atas kasus narkoba adalah aktor Lee Sun Kyun. Penyelidikan terhadap kasus tersebut, masih berjalan hingga kini.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.