Sukses

G-Dragon Dinyatakan Negatif Narkoba Lewat Tes Forensik Rambut, Tinggal Tunggu Hasil Uji Kuku Jari Tangan dan Kaki

Sebelumnya, tes reagent yang dijalani G-Dragon juga menyatakan hasil negatif narkoba.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan terbaru dari kasus dugaan narkoba yang menerpa G-Dragon memberikan angin segar baginya. Diwartakan Yonhap News, Senin (20/11/2023), Badan Forensik Nasional menyatakan bahwa tes rambut member Bigbang tersebut telah keluar hasilnya, yakni negatif.

Hasil ini telah disampaikan kepada Kepolisian Metropolitan Incheon, tapi prosesnya belum selesai. Terakhir, masih ada tes sampel kuku kaki dan tangan yang perlu dipastikan hasilnya.

Ini adalah hasil tes negatif narkoba kedua yang didapat G-Dragon. Tes reagent yang digelar pada 6 November lalu juga menyatakan hasil serupa.

Yonhap menjelaskan perbedaan ketiga tes ini. Dalam tes reagent, pengguna narkoba bisa mendapat hasil positif jika menggunakan narkotika lima atau sepuluh hari sebelum tes.

Sementara itu tes terhadap sampel rambut dapat memverifikasi apakah seseorang menggunakan narkoba dalam waktu satu tahun, tergantung panjang rambut. Sementara tes narkoba dengan sampel kuku dapat mendeteksi penggunaan narkoba hingga lima atau enam bulan sebelum pengujian.

Di tengah perjalanan kasus dugaan penggunaan narkoba ini, pria bernama asli Kwon Ji Yong tersebut sempat diisukan sengaja memutihkan atau melakukan bleaching rambut. Prosedur ini diyakini bisa memudarkan jejak penggunaan narkoba dalam rambut.

Isu ini langsung dibantah G-Dragon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Diwarnai atau Di-bleaching

Lewat pengacara, G-Dragon tegas menyatakan bahwa sudah setahun lebih ia membiarkan kondisi rambutnya asli, tanpa bleaching atau pewarnaan.

“Kami ingin menyatakan dengan jelas bahwa dalam kurun waktu kurang lebih 1 tahun 5 bulan terakhir, Kwon Ji Yong tidak mengalami pewarnaan atau pemutihan apa pun,” kata pengacara.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Bantah Tudingan Cukur Rambut Badan

G-Dragon juga membantah tudingan bahwa ia mencukur seluruh rambut di tubuhnya—kecuali yang ada di kepalanya.

Pengacara menjabarkan, bahwa pada kesehariannya GD memang terbiasa mencukur rambut tubuhnya. Namun, hal tersebut tak dilakukan jelang pemeriksaan.

“Kwon Ji Yong menyatakan saat diinterogasi polisi, bahwa dia biasanya mencukur rambut di tubuhnya. Namun, sejak penyelidikan diwartakan dan dimulai, dia belum bercukur sama sekali,” kata sang pengacara.

4 dari 4 halaman

Tak Mau Berburuk Sangka

Dalam pemeriksaan polisi tanggal 6 November lalu, G-Dragon mengaku tak ingin berburuk sangka terhadap polisi yang dinilai sebagian kalangan sengaja "membidiknya" dalam kasus ini.

"Menurutku ini bukannya tak beralasan. Polisi tak mengincarku secara personal, mereka hanya melaksanakan tugas, berdasarkan pernyataan seseorang,” kata GD kala itu.

Di sisi lain, GD juga punya tugas untuk membela diri dari tuduhan penyalahgunaan narkoba.

“Saya juga berpikir bahwa saya di sini untuk penyelidikan karena merupakan bagian dari tugas saya untuk menyangkal atau lebih tepatnya, untuk membuktikan bahwa tuduhan tersebut tidak berdasar. Saya tak mengatakan [tudingan ini] tak masuk akal, tetapi bagaimanapun juga, saya berharap adanya penyelesaian yang adil, dan tidak dipaksakannya klaim yang belum diverifikasi,” G-Dragon menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.