Sukses

Suprato Tjoatja Disebut Paket Lengkap Konten Kreator, Bisa Menjadi Motivator dan Penulis Buku Andal

Nama Suprato Tjoatja saat ini terkenal sebagai motivator kenamaan.

Liputan6.com, Jakarta Suprato Tjoatja dikenal sebagai influencer sekaligus konten kreator. Namun kesibukannya tak cuma berkiprah untuk menginspirasi orang banyak di media sosial.

Lulusan Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini ternyata juga dikenal sebagai motivator dan penulis buku.

Suprato menjalankan profesi sebagai penulis sejak tahun 2012. Buku pertamanya ditulis bersama James Gwee, dengan judul I Want You To be Rich and Happy.

"Menulis buku karena kecintaan saya kepada buku. Saya sendiri kolektor buku-buku bisnis dan pengembangan diri," kata Suprato ditemui pewarta di Jakarta, Kamis, 22 Juni 2023.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Koleksi 5 Ribu Buku

Suprato menjadikan buku sebagai cakrawala dan sumber informasi. Tak heran, ia bisa melahap beberapa buku dalam sehari untuk dibaca.

"Hampir setiap pekan beli buku hingga koleksi saya lebih dari lima ribu buku," bapak satu anak ini membeberkan.

 

 

3 dari 4 halaman

Motivator

 

Suprato menggambarkan profesinya yang lain, yakni motivator. Ada hal menarik yang dirasa rumit baginya kala harus memberi motivasi terhadap orang-orang yang setengah hati.

"Yang susah itu memotivasi orang-orang yang mengikuti acara karena terpaksa. Misalnya inhouse training dimana karyawan yang ikut dibayarin perusahaan sehingga mereka tak merasa memerlukan kebutuhan untuk belajar," jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

Konten Motivasi

Saat ini Suprato memiliki kelas khusus motivasi rutin. Pria asal Medan ini juga rajin membuat konten motivasi di akun Instagram dan TikToknya.

"Dua kali sebulan zoom training online, dan satu atau dua bulan sekali training offline. Jadwal dan agenda ada di Instagram saya," pemilik akun Instagram @suprato_tjoatja ini memungkasi.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini