Sukses

Tommy Kurniawan Pastikan Bank Pemerintah Terdepan Mendorong Inklusi Keuangan Kabupaten Bogor 

Tommy Kurniawan menemui warga Bogor dan memberikan pengarahan soal Bank BRI.

Liputan6.com, Jakarta Aktor yang kini duduk sebagai anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PKB, Tommy Kurniawan menyebut menyampaikan peran besar sebuah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang selalu terdepan dalam mendorong inklusi keuangan.

Hal ini dikatakan Tommy Kurniawan saat bertemu dengan warga di Nulam Kafe Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/10/2022). 

Dikatakan pria yang akrab disapa Tomkur ini, Bank BRI memiliki visi menjadi “The Most valuable Banking Group in Southeast Asia” & “Champion of Financial Inclusion” pada tahun 2025 mendatang. Salah satu visi untuk menjadi “Champion of Financial Inclusion”, BRI menyadari bahwa hal tersebut dapat mendorong pemerataan kemakmuran bagi bangsa Indonesia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Visi

Ini merupakan salah satu visi untuk menjadi “Champion of Financial Inclusion” tersebut dapat mendorong pemerataan kemakmuran bagi bangsa Indonesia. 

"Visinya tersebut memang sejalan dengan visi pemerintah yang mencanangkan tingkat inklusi keuangan mencapai 90% pada 2024. Merujuk data survei tiga tahunan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), inklusi keuangan pada tahun 2019 baru mencapai 76,19% atau meningkat dari 67,8% pada 2016,” ujar Tommy Kurniawan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/10/2022).

"Dalam mewujudkan peningkatan inklusi keuangan tersebut, juga harus diikuti peningkatan literasi keuangan. Di mana menurut data OJK literasi keuangan baru mencapai 38,03% pada 2019, meningkat dari 29,7% pada 2016," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Strategi

Kegiatan tersebut diikuti oleh warga di sekitar yang berdomisili di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tommy menguraikan, BRI setidaknya memiliki 3 strategi utama dalam upayanya meningkatkan financial literasi index. Pertama, mengembangkan Agen BRILink menjadi 600 ribu hingga akhir 2022 di seluruh Indonesia. Kedua, BRI pun akan mengembangkan digital advisor atau penyuluh digital.

 

4 dari 4 halaman

Konsisten

Yang ketiga menurutnya, BRI terus berupaya secara konsisten mengembangkan ekosistem bisnis secara digital. Sehingga transaksi keuangan harian nasabah terus-menerus dilakukan secara digital, untuk menjamin keberlanjutan dari proses keuangan digital di masa depan.

"Ini penting, agen laku pandai milik BRI atau Agen BRILink merupakan hybrid channel dari BRI secara branchless banking. Melalui Agen BRILink masyarakat dapat menikmati layanan/jasa transaksi keuangan layaknya layanan bank di agen-agen/mitra Agen BRILink secara lebih dekat,” tandasnya. 

Saat ini, jumlah Agen BRILink telah mencapai 584 ribu pada akhir Agustus 2022 dengan jangkauan mencapai 57.618 desa, atau mencakup 3/4 desa diseluruh Indonesia sudah terdapat Agen BRILink.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.