Sukses

Wajib Kamu Tonton! 3 Film Biopik Ini Menceritakan Kehidupan Seorang Ilmuwan

Tanpa penemuan mereka, mungkin dunia yang maju seperti saat ini, nggak akan terwujud.

Liputan6.com, Jakarta Ilmuwan. Ya, mereka memiliki cara berpikir yang berbeda dan luar biasa. Mereka mampu merefleksikan pemikiran mereka menjadi sebuah penemuan yang baru. Penemuan tersebut juga sangat bermanfaat buat kehidupan manusia saat ini. Tanpa penemuan mereka, mungkin dunia yang maju seperti saat ini, nggak akan terwujud.

Nah, buat kamu yang ingin memahami jalan kehidupan dan juga cara berpikir ilmuwan di masa lalu, di bawah ini merupakan rekomendasi film biopik yang bisa kamu tonton ya! 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. The Theory of Everything (2014)

Ingin memahami bagaimana Stephen Hawking berpikir mengenai fisika modern? Film biopik ini cocok banget kamu tonton lho. Buat yang belum tahu, Stephen Hawking ini merupakan teoritis, kosmolog, dan juga Direktur Penelitian Centre for Theoritical Cosmology di University of Cambridge di masa lalu.

Sejumlah karya ilmiahnya yang terkenal adalah mengenai teorema singularitas gravitasi dalam kerangka relativitas umum. Selain itu, Hawking juga dikenal dengan prediksi teori bahwa lubang hitam mengeluarkan radiasi. Prediksi tersebut lebih banyak dikenal sebagai radiasi Hawking.

Kemudian, pada tahun 2014, kisah Stephen Hawking tersebut diangkat ke layar lebar dengan judul The Theory of Everything. Kisah yang menyentuh ini dibintangi oleh Eddie Redmayne dan Felicity Jones. Film biopik satu ini mengisahkan kehidupan Hawking sebagai seorang peneliti dan juga kisah romansanya bersama mantan istrinya, Jane Hawking.

3 dari 4 halaman

2. The Imitation Game (2014)

Film ini mengisahkan bagaimana kehidupan Alan Turing yang merupakan seorang matematikawan, ilmuwan komputer, dan juga cryptanalyst. Ia dikenal sebagai peneliti komputer modern pertama lho! Salah satu penemuannya yang paling terkenal adalah mesin Turing yang notabene merupakan cikal-bakal dari komputer modern. 

Film yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch dan disutradarai oleh Morten Tyldum dirilis pada tahun 2014. Jalan cerita dari The Imitation Games didasarkan dari buku Alan Turing: The Enigma yang ditulis oleh Andrew Hodges pada tahun 1983.

Dalam film ini, Turing bersama dengan sejumlah matematikawan lainnya berupaya memecahkan kode rahasia Jerman bernama Enigma pada Perang Dunia II. Tapi, akhir tragis didapatkan Turing setelah ia berhasil memecahkan kod tersebut. Apa itu? Kamu tonton saja filmnya ya!

4 dari 4 halaman

3. The Man Who Knew Infinity (2015)

Film yang dirilis pada tahun 2015 dan dibintangi oleh Dev Patel, Jeremy Irons, dan Malcolm Sinclair ini mengisahkan bagaimana perjalanan hidup seorang matematikawan asal India. Ya, Srinivasa Ramanujan namanya. Sebagai seorang matematikawan, Ramanujan awalnya hidup miskin di Madras, India.

Akan tetapi, usahanya yang sedemikian rupa berhasil mengantarkan dirinya untuk masuk ke University of Cambridge dan menjalani perkuliahan pada saat Perang Dunia I. Srinivasa Ramanujan dikenal sebagai seorang pioner di bidang teori matematika. Ia memiliki kontribusi terhadap analisis matematika, teori angka, dan lainnya.

Itu dia 3 film biopik yang bisa kamu tonton buat memahami kehidupan ilmuwan dari berbagai bidang ya. Memang sih, masih ada A Beautiful Mind dan beragam film yang lain, tapi 3 film ini bisa membuka eksplorasi kamu terhadap film biopik ilmuwan yang lainnya lho! Any recommendations?

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.