Sukses

Ruben Onsu Jadikan Mandi Sebagai Ritual Khusus di Masa Pandemi Covid-19

Ruben Onsu selalu menerapkan protokol kesehatan ketat di rumahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini kesehatan adalah sesuatu yang penting. Seperti yang dilakukan oleh Ruben Onsu. Meski tetap bekerja keluar rumah, Ruben tetap menjaga kebersihan dari virus. 

Karena hal itulah, suami Sarwendah itu menyebut kerap melakukan mandi hingga berkali-kali. Hal ini diakuinya menjadi ritual khususnya.

“Abis dari luar, ritual mandinya ampun deh. Udah suggest aja dah, misal kelar mandi merasa masih kotor padahal udah bersih dan pakai handuk, ya udah mandi lagi," ujar Ruben Onsu, di kawasan Tanah Sereal, Jakarta Barat, baru-baru ini.

"Huuuh udah deh. Gua belum bisa bernego ya, lebih batter ketimbang awal pandemi. Hampir tiga bulan gua nggak keluar rumah. Kemana mana takut. Di rumah aja, yang dateng aja ke rumah parno. Sekarang jaga prokes aja. Swab rutin pasti," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hikmah

Akan tetapi, Ruben mengakui ada hikmah baik selama pandemi Covid-19. Ayah sambung Betrand Peto ini mengaku jadi punya lebih banyak waktu di rumah untuk istri dan anak-anaknya. 

"Kerjaan mah yang Brownis aja. Setelah itu pulang mandi. Jadi banyak di rumah aja, lebih ke anak semuanya, mereka sudah sekolah. Jadi saya bersyukur ada sisi baiknya, lagi kondisi begini banyak di rumah, bisa ketemu intens sama anak," ujarnya.

 

3 dari 5 halaman

Mencari Nafkah

Selain itu, sebagai kepala rumah tangga adalah kewajiban Ruben untuk tetap bekerja mencari nafkah. Untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, Ruben pun langsung pulang ke rumah. 

"Sama sekali nggak, di rumah aja. Makanya kalau bapaknya mesti kerja, nggak mungkin ngarepin duit dari langit. Jadi saya pulang harus mandi, sudah bersih baru ketemu anak. Rumah kerja pulang lagi," pungkasnya.

 

4 dari 5 halaman

Protokol Kesehatan Ketat

Tak hanya itu, Ruben Onsu rupanya juga tak main-main menaati anjuran protokol kesehatan tersebut. Suami Sarwendah ini sangat ketat menerapkan protokol kesehatan di lingkungan keluarganya, bahkan Ruben menyiapkan swab untuk karyawan yang masih harus bolak-balik ke luar rumah.

"Wah, gua sih udah makan nasi padang rasa sanitizer ya. Jadi sebelum makan cuci tangan dan semprot. Menerapkannya diterapkan banget," ungkap Ruben Onsu.

"Keluar pager aja anak gua harus pakai masker, karyawan yang bolak-balik harus swab," lanjutnya.

 

5 dari 5 halaman

Masker

Ruben juga menyebut bahwa anak-anaknya saat ini juga sudah terbiasa mengenakan masker. Presenter berusia 37 tahun ini juga menyebut Betrand Peto selalu menjadi contoh untuk adik-adiknya agar selalu menaati protokol kesehatan yang berlaku.  

"Yang paling biasa Thania. Dia kalau keluar rumah nggak pakai masker selalu tanya mana maskernya. Kalau Thalia masih mau yang sesuai bajunya. Betrand contohin adiknya selalu pakai masker karena pada nyontohin adiknya pada ikut," ujar Ruben.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.