Sukses

Kronologi Isu Kris Wu Versi Polisi China, Sang Penuduh Disebut Cari Popularitas

Liputan6.com, Beijing - Skandal Kris Wu akhirnya membuat kepolisian ikut bertindak. Dilansir dari Koreaboo, Jumat (23/7/2021), polisi China mengungkap kesimpulan bahwa baik Kris Wu maupun Du Meizhu yang menuduhnya melakukan pemerkosaan, tertipu pihak ketiga.

Hal ini berawal dalam pertemuan Du Meizhu dan mantan personel EXO ini pada 5 Desember 2020. Mantan manajer Kris Wu mengadakan pertemuan di rumah sang artis, dengan kedok menjadi bintang video klip.

"Semua orang di pesta ini pulang satu demi satu, sementara Du tetap di rumah Wu setelah minum-minum, dan keduanya berhubungan intim," kata juru bicara kepolisian. Setelahnya, pria bernama lain Wu Yi Fan ini dan Du Meizhu berkomunikasi lewat aplikasi WeChat hingga April 2021.

2 dari 5 halaman

Demi Popularitas

Bulan lalu, Du Meizhu dan salah seorang sahabatnya menyusun sebuah rencana terkait Kris Wu.

"Pada Juni 2021, Du Meizhu dan teman dekatnya yang bernama Liu (perempuan 19 tahun) berdiskusi untuk merilis informasi terkait hubungan Wu dengan Du demi mendapat popularitas," kata polisi.

Bahkan pada 2 Juni, Liu membuat unggahan bahwa Du Meizhu disiksa secara psikologis oleh Wu.

3 dari 5 halaman

Xu, Penulis Daring

Pada 8-11 Juli, Du Meizhu mengirim tiga unggahan lagi, yang kemudian jadi viral. Tanggal 13 Juli, ia didekati seorang penulis daring, Xu (pria berusia 31 tahun), yang disebut ingin mencari profit.

Xu akhirnya diputuskan menulis sekitar 10 unggahan Weibo, dan Du Meizhu mengunggahnya mulai 16 Juli.

4 dari 5 halaman

Sama-Sama Ditipu Liu

Pihak ketiga dalam isu ini bukan hanya Xu dan Nona Liu. Ada pula sosok lain bernama Liu (pria, 23 tahun) yang masuk, dan kemudian menipu Du Meizhu sekaligus pihak Kris Wu.

"Ditemukan bahwa pada Juni 2021, tersangka Liu melihat unggahan tentang Du dan Wu, dan muncul dengan ide untuk menipu kedua pihak, dengan berpura-pura menjadi sosok yang terkait dengan urusan ini," kata pihak polisi.

Pria bernama Liu ini kemudian mencoba meraih kepercayaan Du dengan berpura-pura menjadi wanita yang dibohongi Kris Wu. 

5 dari 5 halaman

Pura-Pura

Liu kemudian menghubungi pihak Kris Wu dengan berpura-pura menjadi Du Meizhu maupun kuasa hukumnya demi mendapat uang damai. Ia juga berpura-pura jadi pengacara Kris Wu dan menghubungi Du Meizhu demi menadah uang yang hendak dikembalikan wanita itu. 

"Setelah ditangkap, ia mengakui tuduhan penipuan. Saat ini ia ditahan di stasiun polisi Chaoyang," kata jubir kepolisian. 

Di sisi lain, polisi juga masih menginvestigasi sejumlah tuduhan lain, seperti tudingan bahwa Kris Wu memaksa sejumlah perempuan muda untuk berhubungan intim dengannya.