Sukses

BTS Dinobatkan Time Sebagai Entertainer of The Year

Liputan6.com, Seoul - Pada pengujung 2020, BTS kembali mendapat pengakuan dari media internasional prestisius. Time menobatkan J-Hope dkk dengan gelar Entertainer of the Year. Majalah berita yang berbasis di Amerika Serikat ini mengeluarkan artikel panjang, video, dan cover majalah dengan edisi khusus grup K-Pop fenomenal tersebut.

"BTS tak hanya artis K-Pop terbesar di tangga lagu. Mereka telah menjadi band terbesar di dunia, titik. Antara merilis album, memecahkan berbagai rekor dan hadir di berbagai acara live stream pada 2020, BTS telah naik ke puncak jagat pop," begitu keterangan Time dalam artikel yang dirilis di situsnya. 

Dalam video yang diunggah Time di YouTube Time, Kamis (10/12/2020), idol dari Big Hit Entertainment ini menceritakan berbagai hal yang mereka alami selama 2020. 

Sang leader, RM, mengawali pembicaraan dengan berkata, "2020 agak lebih spesial bagi kami karena kami memiliki berita terbaik dan terburuk. Terburuk, tentu saja pandemi dan pembatalan tur. Yang terbaik tentu saja kami meraih No 1 Billboard."

 

2 dari 5 halaman

Tetap Berkarya

"Apa yang memberik kami kebahagiaan dan harapan adalah konser online, para member dan penggemar," tutur Jimin dan Jungkook bergantian. 

Keenam anggota BTS yang hadir—minus Suga yang masih dalam pemulihan pascaoperasi—menceritakan bahwa keseharian mereka kini diisi dengan bekerja menulis lagu dan berlatih.  

3 dari 5 halaman

Tumbuh Bersama

"Kami eksis karena banyak orang yang mendengarkan musik kami," kata Jin.

Jungkook menambahkan bahwa mereka meniti karier pelan-pelan. "Jadi kami merasa seperti tumbuh bersama dan kami merasa saling mengerti dengan lebih dalam," kata Jungkook. RM langsung nyeletuk, membenarkan pernyataan sang maknae atau anggota termuda di grup ini. 

4 dari 5 halaman

Perdebatan soal K-Pop

Karier yang terus melejit hingga keluar Korea, rupanya sempat memunculkan diskusi soal definisi musik mereka, K-Pop. 

"Di 'Dynamite', kami menyanyikan seluruh lagu dalam bahasa Inggris dan itu meraih posisi pertama Billboard. Ada yang mungkin bilang ini bukan K-Pop karena kami menyanyikannya dalam bahasa Inggris," kata RM. 

Ia menambahkan, "Tapi apa sih, K-Pop? Kami tidak ingi membatasi musik dan hati kami dalam batasan yang disebut sebagai 'K-Pop'." 

5 dari 5 halaman

Ekspansi Budaya Korea

J-Hope menegaskan, bahwa berkembangnya budaya Korea secara global adalah sesuatu yang baik. "Dan kurasa penting bagi kami untuk menampilkan musik dan penampilan terbaik, bila itu bisa membantu ekspansinya," kata J-Hope.

Bravo, BTS!