Sukses

Garin Nugroho Beri Hadiah Tak Biasa untuk Sineas Aria Kusumadewa, Apa Bentuknya?

Sutradara Terbaik FFI 2009, Aria Kusumadewa, menerima hadiah dari Garin Nugroho saat mengerjakan film terbarunya.

Liputan6.com, Jakarta Garin Nugroho salah satu sutradara yang dihormati di negeri ini. Sejumlah karya besarnya menembus ruang dan waktu dari Daun di Atas Bantal hingga Kucumbu Tubuh Indahku yang menjadi film terbaik Festival Film Indonesia 2019.

Dikenal luwes bergaul, Garin Nugroho menjalin persahabatan lintas generasi dengan banyak sineas termasuk, Aria Kusumadewa, Sutradara Terbaik FFI 2009 lewat film Identitas.

Baru-baru ini Aria Kusumadewa mengaku mendapat hadiah tak biasa dari Garin Nugroho. Itu disampaikannya dalam konferensi pers virtual yang dihelat Selasa (29/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kebahagiaan dan Petaka

Aria Kusumadewa bercerita, tengah menggarap skenario film bertema populer tentang nilai perkawinan. Berkaca pada pengalaman, rata-rata orang mau nikah karena ingin hidup bahagia.

“Tapi orang lupa bahwa di dalam kebahagiaan perkawinan itu sendiri ada petaka yang tak terlihat, dalam kebahagiaan yang menjadi keinginan banyak orang,” ujar Aria Kusumadewa.

3 dari 5 halaman

Membuka yang Tak Terlihat

“Saya mencoba membuka yang tak terlihat ini. Ternyata persoalannya sangat mendasar, bisa komunikasi. Di saat alat komunikasi semakin maju dan oke, justru esensi komunikasi sendiri jadi hancur,” ulas sutradara Novel Tanpa Huruf R.

Skenario ini jadi film pop pertama Aria Kusumadewa, yang kemudian dibintangi Leony VH dan Rizky Hanggono. Garin Nugroho yang mendengar proyek baru Arya Kusumadewa memberi kado berupa judul film, yakni Bidadari Mencari Sayap.

4 dari 5 halaman

Judul Semesra Ini

“Judul saja saya belum pernah punya judul semesra ini. Ini judul saya dapat hadiah dari Garin Nugroho. Kalau film saya kan judulnya eksentrik kayak Novel Tanpa Huruf R, Kacamata Tuhan, Kentut, Identitas,” bebernya.

“Tiba-tiba karena bikin film populis ini, saya dapat hadiah judul dari Garin Nugroho. (Dia bilang) judulnya ini saja, ya? Ya sudah, (Bidadari Mencari Sayap) menarik,” Aria Kusumadewa menyambung. 

5 dari 5 halaman

Gue Duluin

Judul pemberian Garin Nugroho berikut kontennya memikat hati Deddy Mizwar yang duduk di kursi produser. Diakui Sang Nagabonar, Bidadari Mencari Sayap terdengar unik dan menarik.

“Kalau memang benar lo mau bikin film seperti ini, gue duluin lo padahal jadwal produksi sebenarnya masih agak jauh,” cetus Deddy Mizwar. Bidadari Mencari Sayap yang diproduksi Citra Sinema dan MD Pictures tayang di Disney+ Hotstar mulai 2 Oktober 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.