Sukses

5 Potret Kekuatan Ria Irawan, Tak Mau Menyerah Lawan Kanker

Meski terus berjuang melawan kanker di tahun-tahun terakhir hidupnya, Ria Irawan tak mau patah semangat.

Liputan6.com, Jakarta Sosok Ria Irawan yang penuh tawa kini tinggal kenangan. Ia meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSCM, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020) pagi.

Kabar meninggalnya Ria Irawan telah dibenarkan oleh suami, Mayky Wongkar. "Iya, tadi pas azan Subuh," kata Mayky, saat dihubungi oleh Antara.

Selama beberapa tahun terakhir hidupnya, Ria Irawan bergulat melawan kanker yang menggerogoti kesehatannya.

Tahun 2009, ia mengalami penebalan dinding rahim dan miom sehingga rahimnya harus diangkat. Pada  2014, Ria divonis menderita kanker kelenjar getah bening stadium 3. Sempat dinyatakan 100 persen terkontrol, sel kanker Ria aktif kembali pada 2017. 

Meski begitu, senyum ceria dan canda tak pernah lepas dari Ria Irawan. Itu terlihat dalam sejumlah unggahannya di Instagram. Berikut di antaranya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Beri Semangat

November lalu, kondisi kesehatan Ria Irawan sempat turun lagi sehingga ia harus dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD). Sepanjang perawatan, Ria Irawan tak patah semangat. Kemajuan kecil pun selalu ia syukuri.

"Never give up, hari ke empat,alhamdullilah.. Semakin baik,tadi sudah bisa jalan ke toilet,buat pasien dikamar ini,kalau bisa turun dari kasur rasanya sudah sesuatu banget,kualitas menikmati hidup dengan bertahap. tetap semangat semua," tulisnya pada unggahan bertanggal 21 November 2019.

3 dari 6 halaman

2. Tiga Tips

Meski tengah ditimpa musibah, Ria Irawan tetap berusaha membantu sesama. Ia kerap memberi dorongan semangat dan motivasi kepada mereka yang mengalami hal serupa dengannya.

"Saya, #tersertifikatmemotifasijiwa sekarang dah bebas kanker. Ada yang mau saya ajarin? Gratis. Mumpung Jantung masih berdetak niii.. Saya.. Bebas kanker stadium 3C2 #denganizinallah. Caranya gampang buangeeett.. 1. Berhenti Mengeluh. 2. Maafkan semua hal, semua orang. Dan... 3. Selalu bersyukur," tuturnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Tak Henti Bercanda

Ria Irawan juga tak kehilangan selera humor selama dirawat. Salah satunya pada 8 September 2019, saat ia mengungkap dirinya menjalani perawatan di kamar kelas tiga sebagai pasien BPJS.

"Cerita Rawat inap pasien BPJS kelas 3 pagi ini"Sepi amat ni minggu pagi.., Nunggu abang lontong sayur ngk lewat-lewat, tukang cendol juga ngk ada," tulisnya kala itu.

 

5 dari 6 halaman

4. Berbagi Kegembiraan

Dalam unggahan bertanggal 1 Maret 2019, ia selalu menekankan pentingnya kekuatan mental dalam menghadapi penyakit.

"DONT GIVE UP, BE SURRENDER. Jangan menyerah, berserahlah. #sincere Banyak orang tidak bisa sembuh kanker bukan karena PARAH atau TERLAMBAT namun masalahnya ada pada SIKAPNYA. Tidak berani mengevaluasi dirinya sendiri," tulisnya.

Ketimbang panik dan menelan mentah-mentah informasi yang salah, wanita berusia 50 tahun ini memilih untuk memupuk sikap positif.

"Kalau berani bilang, penyakit bisa hilang karena hati yang gembira maka, mari kita bergembira bersama. Mari saling berbagi kegembiraan," kata dia.

 

6 dari 6 halaman

5. Ulang Tahun Perkawinan Terakhir

Di balik kuatnya Ria Irawan, ada satu sosok yang selalu setia mendampinginya, yakni sang suami, Mayky Wongkar. Mayky menikahinya pada 23 Desember 2016. Ria Irawan kerap mengunggah foto kebersamaan dengan suami. Bahkan unggahan terakhirnya pun, merupakan foto peringatan ultah perkawinan mereka.

Tak perlu kalimat yang terlalu berbunga-bunga, ia hanya menulis kalimat pendek, "Happy Anniversary 2019."

Tapi yang jelas, dalam foto itu Ria Irawan terlihat bahagia, bercanda dengan suami di instalasi Presiden Joko Widodo bersepeda. Ini momen liburan terakhir mereka ke Bali pada akhir 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.