Sukses

Sandra Dewi Berdamai dengan Diri Sendiri Saat Menyusui Anak Kedua, Ada Apa?

Dua bulan setelah Mikhael Moeis lahir, Sandra Dewi berbagi cerita soal romantika menyusui.

Liputan6.com, Jakarta Sandra Dewi melahirkan anak kedua, Mikhael Moeis, pada 2 September 2019 di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta. Mikhael Moeis lahir dengan berat 3,5 kilogram dan panjang 51 sentimeter.

Kehadiran Mikhael Moeis membuat rumah tangga pasangan Sandra Dewi dan Harvey Moeis makin indah. Sebelumnya, mereka dikaruniai anak laki-laki bernama Raphael Moeis.

Dua bulan setelah Mikhael Moeis lahir, Sandra Dewi berbagi cerita soal romantika menyusui. Bintang sinetron Cinta Indah dan Putri Bidadari ini mengaku sempat kerepotan saat harus menyusui Mikhael sementara Raphael masih beradaptasi dengan status baru sebagai kakak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kepikiran Si Sulung

Pernah, Sandra Dewi menitipkan Raphael kepada kakaknya agar ia bisa fokus menyusui Mikhael. Rupanya ini tak serta merta mengatasi persoalan.

"Sebulan saya menyusui si adik sambil memikirkan, aduh kakaknya di rumah Tante bagaimana, ya? Tantenya kerepotan enggak ya mengurusi Raphael?” tutur Sandra Dewi kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

3 dari 5 halaman

Bukan Ibu yang Sempurna

Momen itu membuat Sandra Dewi belajar banyak hal. Salah satunya, ikhlas.

"Saya belajar ikhlas. Salah satunya mengikhlaskan saya bukan ibu yang sempurna. Saya enggak bisa selalu bersama anak. Mesti ikhlas dia diurusi dan main sama tantenya. Saya berdamai dengan diri sendiri bahwa saya enggak bisa berada di dua tempat secara bersamaan untuk mengurus dua anak," Sandra Dewi menukas.

4 dari 5 halaman

Merasa Bersalah

Kini Mikhael berusia dua bulan. Aktris kelahiran Pangkal Pinang, 8 Agustus 1983, ini sudah bisa menyusui sambil mengajak si sulung bermain di taman atau di rumah.

Sempat Sandra Dewi merasa bersalah karena jarak usia Raphael Moeis dengan adiknya, Mikhael Moeis, terlalu dekat. 

5 dari 5 halaman

Tangkis Stres

"Saya merasa bersalah banget dan sempat bertanya kenapa bisa jadi anak kedua, sih? Ha ha ha!" bintang film Quickie Express dan Tarzan Ke Kota. Belakangan ia menyadari memelihara rasa bersalah tak akan memperbaiki keadaan.

"Yang ada malah stres. Padahal, ibu yang stres, produksi ASI-nya akan seret, itu berdasarkan pengalaman saya. Saya menyusui sambil gelisah memikirkan Raphael yang sedang main, Mikhael yang lagi minum ASI ikut-ikutan gelisah. Ia bisa merasakan suasana hati ibunya," pungkas Sandra Dewi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.