Sukses

LSF Gelar Sosialisasi Sensor Mandiri Pertama di Manado

Sosialisasi Masyarakat Sensor Mandiri juga sekaligus menjadi bagian dari peringatan 100 Tahun Sensor Film Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka mewujudkan Masyarakat Sensor Mandiri sebagai wujud kepribadian bangsa, Lembaga Sensor Film (LSF) mulai mengadakan sosialisasi penyerapan kearifan budaya lokal di berbagai daerah. Sosialisasi pertama di tahun ini, akan berlangsung pada Senin, 21 Maret 2016 di Manado, Sulawesi Utara.

LSF telah mengundang Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey untuk menyaksikan proses sosialisasi. Sosialisasi Masyarakat Sensor Mandiri ini, menjadi yang pertama kalinya bagi LSF menggelar acara bertema sosialisasi di daerah.

Sekretariat LSF dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya BNPB Manado dan wilyah kerja Provinsi Suluttenggo. (Liputan6.com / Ruly Riantrisnanto)

Acara ini juga sekaligus menjadi bagian dari peringatan 100 Tahun Sensor Film Indonesia. Nantinya, nara sumber dari LSF akan menyampaikan penyajian-penyajian terkait apa yang harus dilakukan oleh masyarakat agar bisa mewujudkan sensor mandiri.

Terdapat juga sesi tanya jawab beserta tanggapan dari para peserta sosialisasi. Lembaga Sensor Film (LSF) selama ini mendapatkan mandat sebagai garda budaya bangsa yang dituntut untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari pengaruh negatif dalam film dan iklan film.

Untuk menjalankan tanggung jawab besar itu, LSF tak bisa jalan sendirian. Dibutuhkan peran aktif dari masyarakat untuk membantu memperketat penyensoran terhadap film dan iklan film.

Karena itu, LSF turun langsung menggandeng masyarakat dalam menerapkan budaya sensor mandiri. Diharapkan, masyarakat akan lebih memperhatikan sensor mandiri melalui akses perkembangan teknologi digital saat ini. (Rul/fei)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.