Sukses

Setelah Nikah Siri, Artis-artis Ini Daftar Isbat Nikah

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan siri banyak ditempuh sebagian kalangan dengan alasan memang dirahasiakan atau memang tak ingin diketahui banyak orang. Padahal, mereka mengetahui jika pernikahan siri tidak diakui secara resmi oleh negara.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebagian pasangan melakukan isbat nikah agar pernikahan mereka bisa diakui oleh negara. Beberapa artis Tanah Air pun juga melakukannya.

Siapa sajakah mereka? Liputan6.com mencatat beberapa di antaranya.

 

2 dari 6 halaman

Melinda

Pedangdut Melinda sempat dinikahi siri oleh seorang pejabat di Jawa Barat sampai akhirnya dirinya mengajukan isbat nikah ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan agar pernikahannya diakui. Namun, Melinda melakukan itu juga karena untuk bisa bercerai secara resmi.

Dalam persidangan yang dipimpin ketua majelis hakim Drs. Rosyid Ya'kub, Melinda menggugat Drs. H. Dedi Supardi MM bin Suhendra, mantan Bupati Cirebon.

Sampai akhirnya pengadilan pun memutus pernikahan Melinda dan sang pejabat sah. Begitu juga anak dari hasil pernikahan mereka.

“Resmi diputuskan dari pengadilan anak saya diakui oleh negara sebagai anak dari Pak Dedi. Saya lakukan ini agar anak bisa punya akte kelahiran dengan atas nama papinya. Maharani binti Dedi
Supardi.

“Ini merupakan perjuangan yang luar biasa. Buat saya ini tidak bisa tergantikan dan pengakuan buat anak saya karena Maharani ini anak perempuan. Kalau masalah warisan, saya serahkan semuanya sama Allah,” ucapnya.

3 dari 6 halaman

Tommy Kurniawan

Aktor ganteng Tommy Kurniawan juga sempat menikah siri dengan wanita bernama Fatimah Tania Nadira. Sampai akhirnya keduanya memutuskan untuk melakukan isbath nikah ke Pengadilan Agama Tiga Raksa, Tangerang. Pernikahan keduanya pun kini diakui oleh negara.

“Perihal penetapan pernikahan atau itsbat nikah. Dua kali persidangan pada 13 Agustus 2014 dan sidang kedua 27 Agustus 2014, hasilnya sudah putus dan dikabulkan," ujar Tommy Kurniawan di tahun 2014 lalu.

Niat Tommy dan Tania untuk mencatatkan pernikahan secara resmi sudah dibicarakan setahun silam. Namun akhirnya baru dirampungkan setahun kemudian. Adapun alasan pesinetron Insya Allah Ada Jalan ini mendaftarkan pernikahannya secara resmi adalah untuk mempermudah urusan administrasinya.

"Karena saat itu pernikahan tidak tercatat dalam Kantor Urusan Agama (KUA). Dua tahun setelah pernikahannya dia kemudian mengajukan untuk dicatat di KUA," ucap Baihaki.

"Alasan standar pada umum lainnya, agar ada kepastian hukum, kepentingan rumah tangga dan kepentingan administrasi lainnya," ucapnya.


4 dari 6 halaman

Bondan Prakoso

Setelah  hidup bersama selama 4 tahun, usai menikah siri 12 Desember 2007 silam, penyanyi, Bonda Prakoso akhirnya meresmikan pernikahannya secara hukum di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. 

Untuk meresmikan pernikahannya, Bondan Prakoso bersama sang istri, Margareth pun menjalani sidang istbat nikah. Hal ini dilakukan keduanya bukan tanpa alasan.

"Kenapa baru sekarang, karena kemarin-kemarin kita sibuk susah mengatur waktunya. Ayahnya Margareth itu dinas di luar negeri,jadi baru sekarang kita bisa," ujar Bondan.

Faisal Miza, salah satu anggota tim kuasa hukum Bondan Prakoso juga menambahkan alasan Bondan menjalani istbath nikah ini. Semua katanya, dilakukan demi keperluan data dan surat-surat anak sekolah. "Proses istbath nikah daftar ke negara, tak lain untuk keperluan surat anak sekolah. Sebagai warga negara yang baik mereka lakukan ke Pengadilan Agama ini. Jadi bohong kalau dibilang untuk keperluan perceraian," kata Faisal.

Faisal juga menegaskan, orang tua dari Margareth saat itu memang sedang berada di Belanda. Meski demikian semua pihak keluarga mendukung pernikahan Bondan dan wanita yang akrap disapa Margie.

"Margareth sejak September 2007 itu sudah masuk Islam. Saksi dari kedua belah pihak juga sudah menyetujui. Tapi, tiba-tiba ayahnya Margareth harus pergi ke Belanda," katanya.

 

5 dari 6 halaman

Ayu Azhari

Selama tiga tahun lamanya artis Ayu Azhari berstatus istri siri Mike Trump. Sampai akhirnya di tahun 2007, keduanya melakukan isbath nikah ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Keinginan mengesahkan perkawinan, menurut Ayu, datang dari Mike. "Mike yang banyak konsultasi sama ahli-ahli hukum," kata Ayu.

Ayu mengaku sangat senang Mike berinisiatif mengesahkan perkawinan mereka. Keluarga besar Ayu juga menyambut dengan suka cita. Menurut Ayu, isbat adalah hal biasa jika sepasang suami istri belum mencatatkan pernikahan. "Kenapa harus dipertanyakan? Bukan harus dibesar-besarkan," kata dia.

Ayu ingin menjalankan pernikahan dengan Mike sesuai nurani meski harus rela tidak lagi tinggal di Indonesia. "Buat saya dan keluarga, sudah terbiasa hidup di mana-mana. Bukan hanya di Indonesia," pungkasnya.

6 dari 6 halaman

Jane Shalimar

Yang terbaru adalah artis Jane Shalimar yang mengajukan isbat nikah ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Pasalnya, Jane merasa dirinya sudah pernah menikah siri dengan Didi Mahardika. Jane merasa tak terima ditinggalkan begitu saja. Ia pun bergerak mencari keadilan.

Kabarnya Jane akan mengajukan isbat nikah di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Rencana persidangan akan dilakukan pada 17 November 2015 mendatang.

“Mbak Jane seseorang yang taat pada aturan. Juga ada mekanisme yang dimungkinkan oleh peraturan perundang-undangan, yaitu dengan mengajukan isbat nikah dan menyerahkan ini kepada pengadilan. Dan biarkan pengadilan yang memutuskan,” kata Mujahid A. Latief SH MH, kuasa hukum Jane.

Pihak Jane pun tidak masalah jika Didi nantinya absen sidang. “Tidak masalah. Tapi yang pentingkan salah satu pihak merasa punya hak untuk mendapatkan keadilan,” ucap Mujahid.**