Sukses

Lanjutkan Koreksi, Saham GoTo Mentok ARB pada Perdagangan Jumat 26 Mei 2023

Volume saham GoTo yang ditransaksikan mencapai 3,86 miliar lembar, masih menjadi yang paling banyak ditransaksikan di Bursa

Liputan6.com, Jakarta Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melanjutkan koreksi pada perdagangan Jumat, 25 Mei 2023. Saham GoTo merosot hingga batas auto reject bawah (ARB) dengan penurunan 6,31 persen ke posisi 104. Saham GOTO dibuka pada posisi 112 dan bergerak pada rentang 104-112.

Melansir data RTI, fekuensi perdagangan saham GoTo tercatat sebanyak 23.022 kali. Volume saham yang ditransaksikan mencapai 3,86 miliar lembar, masih menjadi yang paling banyak ditransaksikan di Bursa. Nilai transaksi saham GoTo pada hari ini senilai Rp 415,61 miliar.

Asing terpantau masih berminat pada saham GoTo. Di pasar reguler, asing melakukan aksi beli untuk 2,4 miliar saham GoTo senilai Rp 255,4 miliar, sedangkan aksi jual asing tercatat sebanyak 1,1 miliar lembar senilai Rp 117,6 miliar.

Sebaliknya, investor domestik dominan melakukan aksi jual dengan volume saham mencapai 2,8 miliar lembar senilai Rp 298 miliar. Aksi beli investor domestik untuk perdagangan hari ini tercatat sebanyak 1,5 miliar lembar senilai Rp 160,2 miliar.

Dalam sepekan, harga saham GOTO telah susut 9,57 persen. sedangkan dalam satu tahun terakhir, harga saham GOTO terkoreksi 61,76 persen.

Penurunan harga GOTO berlanjut di tengah rencana perseroan melakukan penambahan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

Dalam aksi tersebut, GoTo akan menerbitkan 118,43 miliar lembar saham seri A atau maksimal 10 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor dalam perseroan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disetujui RUPS

Rencana private placement ini sebelumnya telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan pada 28 Juni 2022.

Sesuai ketentuan POJK No. 22, perseroan dapat melaksanakan private placement dalam waktu satu tahun sejak RUPS menyetujui rencana aksi tersebut.

Namun hingga saat ini, aksi tersebut belum juga terlaksana. Alasannya, perseroan masih terus mengkaji apakah akan melaksanakan serta opsi-opsi yang sesuai untuk melaksanakan PMTHMETD dengan memperhatikan kebutuhan serta kepentingan terbaik Perseroan serta kondisi pasar.

Terbaru, manajemen GOTO menegaskan tidak ada perubahan rencana aksi. Termasuk tujuan private placement yang dimaksudkan untuk mengembangkan kegiatan usaha perseroan dan memperkuat posisi permodalan perseroan.

Melalui laman keterbukaan informasi Bursa baru-baru ini, manajemen mengatakan pelaksanaan PMTHMETD akan dilakukan jika perseroan memandang bahwa aksi tersebut diperlukan dan merupakan opsi pendanaan yang terbaik bagi perseroan.

Adapun dana yang diperoleh dari aksi ini akan digunakan untuk mendukung kebutuhan modal kerja perseroan dan anak perusahaannya.

Termasuk PT Tokopedia, PT Swift Logistic Solutions, PT Dompet Anak Bangsa dan atau PT Multifinance Anak Bangsa dan atau PT Multi Adiprakarsa Manunggal dan atau pelunasan melalui konversi atas utang perseroan di kemudian hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.
    Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.

    GoTo

  • Saham GoTo

Video Terkini