Sukses

GOTO Gelar RUPSLB Hari Ini 2 Maret 2023, Minta Restu Rombak Jajaran Komisaris dan Direksi

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan meminta persetujuan pemegang saham untuk merombak susunan pengurus dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Kamis, 2 Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada hari ini, Kamis, 2 Maret 2023. 

Salah satu mata acara RUPSLB tersebut, yakni meminta persetujuan pemegang saham atas perubahan susunan dewan komisaris dan direksi perseroan. Selain itu, RUPSLB juga akan meminta persetujuan pemegang saham atas pengangkatan komisaris independen.

Kemudian, untuk mata acara persetujuan pemegang saham atas perubahan susunan dewan komisaris dan direksi GoTo Gojek Tokopedia. Mata acara tersebut diadakan sehubungan dengan telah diterimanya pengunduran diri dari satu orang anggota dewan komisaris yang bukan merupakan komisaris independen dan satu orang anggota direksi serta akan terdapat pengangkatan beberapa anggota dewan komisaris Perseroan baru dan beberapa anggota direksi Perseroan. 

Sehingga perubahan susunan dewan  komisaris dan direksi Perseroan yang akan diusulkan pada RUPSLB adalah sebagai  berikut:

Dewan Komisaris:

  • Komisaris Utama: Garibaldi Thohir
  • Komisaris: Agus Dermawan Wintarto Martowardojo
  • Komisaris: P. Sugito Walujo
  • Komisaris: William Tanuwijaya
  • Komisaris: Winato Kartono
  • Komisaris: Wishnutama Kusubandio
  • Komisaris Independen: Dirk Van den Berghe
  • Komisaris Independen: Robert Holmes Swan
  • Komisaris Independen: Marjorie Lao

 

Direksi:

  • Direktur Utama: Andre Soelistyo
  • Direktur: Wei-Jye Jacky Lo
  • Direktur: Catherine Hindra Sutjahyo
  • Direktur: Hans Patuwo
  • Direktur: Melissa Siska Juminto
  • Direktur: Nila Marita
  • Direktur: Pablo Malay

 

Sementara itu, dalam mata acara persetujuan pemegang saham atas pengangkatan komisaris independen, GOTO akan mengangkat Marjorie Lao sebagai komisaris independen. 

Selain itu, untuk mata acara selanjutnya, perseroan bermaksud untuk meminta persetujuan atas perubahan anggaran dasar Perseroan, yaitu untuk menghilangkan kewajiban pengumuman neraca dan laporan laba atau rugi dalam surat kabar sebagaimana tercantum dalam pasal 23 ayat (6) anggaran dasar Perseroan.

Pada penutupan perdagangan saham Kamis, 2 Maret 2023 sesi pertama, saham GOTO naik 0,82 persen ke posisi Rp 123 per saham. Saham GOTO dibuka stagnan Rp 122. Saham GOTO berada di level tertinggi Rp 125 dan terendah Rp 121 per saham. Total frekuensi perdagangan 20.925 kali dengan volume perdagangan 17.128.512 saham. Nilai transaksi Rp 195,8 milar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

GOTO Hapus Satu Agenda RUPSLB, Kenapa?

Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melakukan perubahan susunan mata acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan digelar pada 2 Maret 2023. 

Direktur Utama GOTO Andre Soelistyo menjelaskan, untuk menyederhanakan proses pemungutan suara oleh para pemegang saham, Perseroan menghapuskan mata acara rapat 0ersetujuan pemegang saham independen atas anggota direksi Perseroan yang dapat menjadi pemegang saham seri B. 

"Terlepas dari dukungan yang diterima oleh Perseroan dari pemegang saham independen, namun untuk menyederhanakan proses pemungutan suara oleh para pemegang saham, Perseroan menghapuskan mata acara rapat ini dan akan mengusulkan mata acara tersebut dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang akan datang," tulis Andre dalam keterbukaan informasi, dikutip Rabu (22/2/2023).

Dengan demikian, mata acara RUPSLB GOTO yang akan digelar, yakni persetujuan pemegang saham atas pengangkatan komisaris independen Perseroan, persetujuan pemegang saham atas perubahan susunan dewan komisaris dan direksi Perseroan, dan persetujuan pemegang saham atas perubahan anggaran dasar Perseroan, yaitu pasal 23 ayat (6) mengenai kewajiban pengumuman neraca dan laporan laba atau rugi dalam surat kabar.

Sementara itu, dalam mata acara persetujuan pemegang saham atas pengangkatan komisaris independen, GOTO akan mengangkat Marjorie Lao sebagai komisaris independen. 

Kemudian, untuk mata acara selanjutnya persetujuan pemegang saham atas perubahan susunan dewan komisaris dan direksi GoTo Gojek Tokopedia.

Mata acara tersebut diadakan sehubungan dengan telah diterimanya pengunduran diri dari satu orang anggota dewan komisaris yang bukan merupakan komisaris independen dan satu orang anggota direksi serta akan terdapat pengangkatan beberapa anggota dewan komisaris Perseroan baru dan beberapa anggota direksi Perseroan. 

3 dari 3 halaman

Susunan Pengurus GOTO

Sehingga perubahan susunan dewan komisaris dan direksi Perseroan yang akan diusulkan pada RUPSLB adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris:- Komisaris Utama: Garibaldi Thohir

- Komisaris: Agus Dermawan WintartoMartowardojo

- Komisaris: Sugito Walujo

- Komisaris: William Tanuwijaya

- Komisaris: Winato Kartono

- Komisaris: Wishnutama Kusubandio

- Komisaris Independen: Dirk Van denBerghe

- Komisaris Independen: Robert HolmesSwan

- Komisaris Independen: Marjorie Lao

Direksi:- Direktur Utama: Andre Soelistyo

- Direktur: Wei-Jye Jacky Lo

- Direktur: Catherine Hindra Sutjahyo

- Direktur: Hans Patuwo

- Direktur: Melissa Siska Juminto

- Direktur: Nila Marita

- Direktur: Pablo Malay

Selain itu, untuk mata acara ketiga, Perseroan bermaksud untuk meminta persetujuan atas perubahan anggaran dasar Perseroan, yaitu untuk menghilangkan kewajiban pengumuman neraca dan laporan laba atau rugi dalam surat kabar sebagaimana tercantum dalam pasal 23 ayat (6) anggaran dasar Perseroan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.