Sukses

Saham Adani Enterprises Meroket 20 Persen Usai Tudingan Manipulasi hingga Penipuan

Liputan6.com, Jakarta - Saham perusahaan unggulan konglomerat India yang bermasalah, Adani meroket sebanyak 20 persen pada Selasa (7/2/2023) usai alami keterpurukan sejak bulan lalu.

Melansir Channel News Asia, Selasa, 7 Februari 2023, grup yang dimiliki oleh taipan Gautam Adani alami koreksi kapitalisasi pasar sekitar USD 120 miliar atau setara dengan Rp 1.822 triliun (asumsi Rp 15.186 per dolar AS) setelah klaim penipuan akuntansi dilontarkan oleh grup investasi Amerika Serikat Hindenburg Research pada 24 Januari lalu.

Kemerosotan tersebut menimbulkan kekhawatiran tentang kemampuan grup untuk mengumpulkan pembiayaan baru untuk membayar utangnya. Itu membatalkan penjualan saham, dan penerbitan obligasi, minggu lalu.

Meski demikian, Adani mengatakan, pihaknya akan membayar kembali pinjaman awal senilai USD 1,1 miliar, dalam sebuah langkah yang dimaksudkan untuk meyakinkan investor pada Senin.

Adani Enterprises, perusahaan unggulan grup, melonjak pada Selasa, dengan perdagangan ditangguhkan tiga kali karena naik 20 persen. Mereka mengurangi beberapa keuntungan setelah transaksi dilanjutkan, tetapi masih naik sekitar 15 persen pada perdagangan pagi.

Perusahaan grup lainnya digabungkan, dengan Adani Transmission dan Adani Wilmar keduanya membatasi hingga 5 persen, dan Adani Total Gas membatasi hingga tingkat yang sama.

Hindenburg menuduh Adani melakukan "manipulasi saham yang kurang ajar dan skema penipuan akuntansi" dalam "penipuan terbesar dalam sejarah perusahaan".

Adani secara artifisial mendongkrak harga saham unitnya dengan menyalurkan uang ke saham melalui offshore, menurut dokumen itu.

Adani mendapat keuntungan dari apa yang disebutnya sebagai "pola selama puluhan tahun" dari keringanan hukuman pemerintah, dan "investor, jurnalis, warga negara, dan bahkan politisi takut untuk berbicara karena takut akan pembalasan".Perusahaan telah menolak klaim tersebut sebagai serangan reputasi yang "jahat nakal".

Pengumuman pelunasan pinjaman datang ketika surat kabar The Economic Times melaporkan bahwa Standard Chartered Inggris telah bergabung dengan raksasa perbankan Swiss Credit Suisse dan Citigroup di Amerika Serikat dalam menghentikan penerimaan obligasi Adani sebagai jaminan untuk pinjaman yang diberikan kepada klien perbankan swasta.

 "Fundamental perusahaan sangat kuat, neraca kami sehat, dan aset kuat.Tuduhan ini tidak berdasar," kata Gautam Adani kepada televisi India Today pada Jumat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekayaan Gautam Adani Terpangkas

Kekayaan pribadi Gautam Adani berkurang lebih dari setengahnya. Posisi Adani jatuh dari nomor tiga dalam daftar orang terkaya di dunia secara real-time Forbes ke urutan 17 pada Selasa, dengan kekayaan USD 63 miliar, turun dari USD 127 miliar.

Kritikus mengatakan kedekatan Adani dengan Perdana Menteri Narendra Modi, yang juga berasal dari negara bagian Gujarat, membuatnya memenangkan kontrak secara tidak adil dan menghindari pengawasan yang semestinya.

Gautam Adani melihat operasinya berkembang dengan sangat cepat, saham Adani Enterprises melonjak lebih dari 1.000 persen selama lima tahun terakhir sebelum kekalahan baru-baru ini.

Analis mengatakan gejolak itu telah merusak citra India saat negara itu berusaha merayu investor luar negeri untuk menjauh dari China.

Menteri Perdagangan Piyush Goyal pada Sabtu membela regulator India, dengan mengatakan mereka "sangat kompeten".

Pekan lalu Adani membatalkan penjualan saham senilai USD 2,5 miliar yang dimaksudkan untuk membantu mengurangi tingkat utang yang telah lama menjadi perhatian memulihkan kepercayaan dan memperluas basis pemegang sahamnya.

Masalah tersebut gagal menarik investor ritel "ibu dan ayah" dan hanya terjual habis berkat pembeli institusional besar, sesama mogul India, dan USD 400 juta dari IHC Uni Emirat Arab.

 

3 dari 4 halaman

Miliarder India Gautam Adani Dapat Duit Rp 5,9 Triliun dari Konglomerat Abu Dhabi

Sebelumnya, Gautam Adani telah memenangkan mosi kepercayaan dari investasi senilai USD 400 juta atau sekitar Rp 5,9 triliun dari salah satu konglomerat di Abu Dhabi yang dikendalikan oleh anggota penting keluarga kerajaan Uni Emirat Arab International Holding Co. (IHC) ke Adani Enterprises.

Investasi sekitar 16 persen dari USD 2,5 miliar yang ingin diperoleh perusahaan Adani dari penjualan saham lanjutannya  ini disambut baik oleh taipan India. Mengingat USD 70 miliar dari nilai pasar kerajaan bisnisnya hilang menyusul laporan pedas dari Hindenburg Research.

Penjualan saham ini tetap berjalan sepenuhnya meskipun perusahaan riset yang berbasis di AS tersebut menuduh Grup Adani melakukan manipulasi saham dan penipuan akuntansi.

Ini menjadi kesepakatan investasi kedua IHC dengan grup tersebut setelah menginvestasikan USD 2 miliar pada April tahun lalu di Adani Enterprises dan perusahaan energi bersihnya seperti Adani Green Energy dan Adani Transmission.

“Ketertarikan kami pada Adani Group didorong oleh kepercayaan dan keyakinan kami pada dasar-dasar Adani Enterprises,” kata CEO IHC Syed Basar Shueb dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Forbes, Rabu (1/2/2023).

“Kami melihat potensi pertumbuhan yang kuat dari perspektif jangka panjang dan nilai tambah bagi pemegang saham kami,” tambahnya.

Di samping itu, perusahaan pun mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya "mengevaluasi ketentuan yang relevan" di bawah undang-undang AS dan India untuk "tindakan perbaikan dan hukuman terhadap Hindenburg Research".

Laporan short seller yang diterbitkan pada 24 Januari memicu aksi jual di perusahaan Adani Group dan memangkas kekayaan bersih pendiri Gautam Adani sebesar 30 persen menjadi USD 88 miliar, menurut perkiraan Forbes. Dia sekarang menduduki peringkat orang terkaya kedelapan di dunia setelah memegang posisi No.3. 

4 dari 4 halaman

Diterpa Isu Penipuan, Harta Orang Terkaya di Asia Anjlok Hampir Rp 300 Triliun

Sebelumnya, miliarder India sekaligus orang terkaya di Asia, Gautam Adani melihat kekayaannya anjlok hingga lebih dari USD 20 miliar atau sekitar Rp. 299,6 triliun (asumsi kurs Rp. 15.500 per dolar AS) pada hari Jumat (27/1).

Miliarder Gautam Adani, dikenal sebagai tapain yang membangun kekayaannya secara mandiri dengan investasi di pelabuhan, bandara, energi terbarukan, dan industri lainnya.

Melansir BBC, Senin (30/1/2023) anjoknya kekayaan Adani terjadi setelah investor kehilangan ketertarikan pada perusahaannya yang dipicu tuduhan penipuan terhadap Adani Group, dalam sebuah laporan yang disusun Hindenburg Research.

Saham Adani Enterprises turun hampir 20 persen pada hari Jumat (27/1), sementara beberapa perusahaan publik lainnya anjlok lebih jauh, memicu penghentian otomatis dalam perdagangan di Mumbai.

Selain itu, Adani juga tergeser dari peringkat orang terkaya ketiga di dunia ke urutan ketujuh dalam daftar miliarder Forbes.

Kekayaan bersihnya kini diperkirakan lebih dari USD 96 miliar atau setara Rp. 1,4 kuadriliun, menurut majalah tersebut.

Dilaporkan sebelumnya, Hindenburg Research, sebuah perusahaan riset investasi asal AS yang berfokus pada aktivis short-selling, menerbitkan sebuah laporan yang menuduh Adani Group terlibat dalam kasus manipulasi saham dan penipuan akuntansi.

Adani Group dalam responnya mengatakan sedang mempertimbangkan tindakan hukum terhadap Hindenburg Research.

Sementara itu, pihak Hindenburg Research menyambut tuntutan dari perusahaan miliarder ini dan mengatakan masih berpegang pada hasil laporannya tentang Adani Group.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.