Sukses

Aplikasi SimInvest Hadirkan Fitur Reksa Dana, Investasi Mulai Rp 100 Ribu

Kegiatan investasi reksa dana di SimInvest kini dapat dilakukan online. Pengguna SimInvest dapat mulai investasi Rp 100.000.

Liputan6.com, Jakarta - SimInvest, brand aplikasi investasi saham online dari Sinarmas Sekuritas meluncurkan fitur baru, yakni transaksi reksa dana

Kehadiran fitur baru tersebut diharapkan dapat membantu para investor ritel tanah air dalam melakukan diversifikasi investasi.

"Sekarang investasi di SimInvest jadi makin simple dan lengkap. Para investor tidak lagi terbatas berinvestasi pada instrumen saham, namun juga dapat mendiversifikasi investasi ke produk reksa dana sekaligus mengelola semua portfolionya dalam satu aplikasi," kata Head of Strategic & Business Development Sinarmas Sekuritas, Eyfrel Likuajang dalam keterangan resmi, ditulis Minggu (5/2/2023).

Sementara itu, seluruh kegiatan investasi reksa dana di SimInvest dilakukan secara online mulai dari pendaftaran, penentuan profil risiko calon nasabah, pembelian, penjualan hingga memantau imbal hasil investasi mereka secara real time melalui aplikasi. 

Saat ini Sinarmas Sekuritas sebagai perusahan perdagangan efek terdaftar dan diawasi oleh OJK telah bekerja sama dengan salah satu manajer investasi, yakni Sinarmas Asset Management dalam menawarkan produk-produk reksa dana unggulannya.

Produk-produk reksa dana tersebut, antara lain Danamas Stabil, Danamas Pasti, Syariah Simas Syariah Pendapatan Tetap, Danamas Rupiah Plus, Simas Saham Bertumbuh, dan produk reksa dana lainnya. 

"Dengan adanya produk-produk reksa dana tersebut, pengguna SimInvest dapat berinvestasi mulai dari Rp 100.000," kata dia.

Selain itu, terdapat berbagai keuntungan yang didapat oleh para pengguna apabila berinvestasi di SimInvest, yakni setiap investasi di SimInvest akan mendapatkan StarPoin.

StarPoin ini adalah program loyalti yang bisa ditukar oleh pengguna dengan voucher belanja di merchant yang bekerjasama dengan StarPoin, serta beragam program dan promosi lainnya di SimInvest.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jaring Investor Ritel, Sinarmas Sekuritas Gandeng Bank Sinarmas

Sebelumnya, minat masyarakat untuk berinvestasi dan menabung selama pandemi COVID-19 semakin tinggi, ini tercermin dari jumlah nasabah dan investor selama Covid-19 terus tumbuh.

Dalam upaya menjaring investor ritel lebih banyak lagi, PT Sinarmas Sekuritas bersinergi dengan PT Bank Sinarmas Tbk. Direktur Utama Sinarmas Sekuritas Bernard Thien mengatakan, kerja sama ini akan menciptakan ekosistem finansial yang semakin kuat dan membawa benefit bagi pihak yang terlibat.

"Kita harapkan akan lebih banyak cross selling dari kerja sama dengan Bank Sinarmas, yang semakin memudahkan serta menguntungkan publik dalam berinvestasi," kata Bernard, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (23/2/2022).

Sebagaimana fungsi pemasaran dari perantara pedagang efek yang diatur dalam POJK NOMOR 21 /POJK.04/2021, nantinya calon nasabah Bank Sinarmas dapat langsung membuka rekening efek di Sinarmas Sekuritas, begitu juga sebaliknya saat investor Sinarmas Sekuritas hendak membuka rekening efek, dana langsung ditempatkan di Bank Sinarmas.

Jumlah investor yang memiliki Single Investor Identification (SID) tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) naik 89,58 persen menjadi 7,3 juta per 17 Desember 2021.

Sedangkan jumlah rekening nasabah bank pada Januari 2021 menurut Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) naik 16,4 secara year on year mencapai 352,7 juta rekening.    

 

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Kolaborasi Bank Sinarmas dan Sinarmas Sekuritas

Head of Retail & Private Wealth PT Sinarmas Sekuritas Arief Maulana menyatakan benefit kerja sama yang diterima Bank Sinarmas antara lain mendapatkan fee based income, meningkatkan loyalitas nasabah dan manfaat layanan tambahan produk investasi.

Sedangkan bagi Sinarmas Sekuritas, kerja sama ini akan menjaring lebih banyak investor yang berasal dari nasabah Bank Sinarmas.  

"Nasabah Bank Sinarmas yang belum berinvestasi di pasar modal bisa kita fasilitasi lewat aplikasi investasi saham SimInvest atau produk investasi lain yang kami punya,” ucap Arief.

Nasabah bank yang belum familiar dengan produk investasi atau cara berinvestasi juga dapat belajar secara mandiri dan langsung di SimInvestLab yakni platform belajar investasi dari Sinarmas Sekuritas. Nasabah juga bisa membaca hasil riset terkini dari analis Sinarmas Sekuritas langsung dari aplikasi SimInvest.

4 dari 4 halaman

Fundamental Bank Sinar Mas Lebih Kokoh

Direktur Retail Banking Bank Sinarmas, Miko Andidjaja menyambut gembira kerja sama dengan Sinarmas Sekuritas dalam layanan keagenan perantara efek ini.

Dia menuturkan, kerja sama ini membuat fondasi Bank Sinarmas jadi lebih kokoh dalam melayani keuangan terintegrasi one stop banking di setiap kalangan nasabah yang konservatif, agresif atau moderat.

"Tentu ini kesempatan yang bisa dimaksimalkan ke nasabah. Selain menawarkan produk perbankan sekaligus menawarkan pembukaan rekening efek dan produk investasi," ungkap Miko.  

Di sisi lain, Personal Coach dan Self Improvement Haryanto Kandani menilai kolaborasi sangat diperlukan dalam situasi pandemi Covid-19 untuk menciptakan hal-hal baru yang memudahkan.

Dia menuturkan, dunia bisnis saat ini harus 'gas poll' di tengah ketidakpastian, dan setiap orang yang terlibat harus memiliki 'mindset business'.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.