Sukses

Sempat Gangguan, Koneksi Sejumlah Sekuritas Sudah Normal

Gangguan koneksi terjadi beberapa saat pada pembukaan perdagangan.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah anggota bursa (AB) atau sekuritas disebut mengalami gangguan koneksi pada hari ini, Selasa 8 November 2022, pagi.

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI), Kristian S. Manullang menjelaskan, gangguan koneksi terjadi beberapa saat pada pembukaan perdagangan.

“Gangguan beberapa detik pada salah satu server Bursa menyebabkan masing-masing satu koneksi dari AB terdampak yang  terhubung ke server tersebut putus dan harus login kembali,” jelas Kristian kepada awak media, Selasa (8/11/2022).

Kristian menerangkan, bursa memiliki beberapa server. Demikian pula AB memiliki beberapa koneksi yang terhubung ke server-server Bursa yang berbeda.

Sehingga bila terjadi gangguan diharapkan tidak semua koneksi AB mengalami dampak dari gangguan tersebut.

Teranyar, Kristian mengatakan koneksi sudah berjalan normal. “Server yang mengalami gangguan sudah recovery, pagi tadi koneksi AB setelah login kembali berfungsi normal,” imbuh dia.

Saat ini, Bursa tengah melakukan investigasi terkait penyebab gangguan koneksi tersebut. Menariknya, gangguan terjadi bersamaan dengan listing enam emiten baru yang berlangsung serentak pagi ini.

Namun Kristian memastikan gangguan koneksi tidak berpengaruh terhadap volume transaksi.

“Mengenai penyebabnya masih terus dilakukan investigasi. Terkait transaksi dari 6 IPO hari ini,  AB dapat menyampaikan ordernya melalui koneksi mereka yang tidak mengalami gangguan. Jadi tidak mempengaruhi volume transaksi hari ini,” jelas Kristian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aplikasi STAR Samuel Sekuritas Sempat Gangguan, Begini Penjelasan Manajemen

Aplikasi STAR (Samuel Trading Active Realtime) besutan Samuel Sekuritas sempat mengalami gangguan pada Selasa, 8 November 2022 pagi.

Presiden Direktur Samuel Sekuritas, Hisdiyanto Liem mengatakan, manajemen perusahaan telah menginformasikan ihwal kendala tersbeut kepada nasabah atau investor agar tidak terjadi kepanikan.

“Perihal gangguan itu, sudah disampaikan informasi kepada investor,” ujar dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (8/11/2022).

Manajemen menginformasikan bahwa pada Selasa, 08 November 2022 pukul 09.00 telah terjadi gangguan teknis pada sistem Bursa Efek Indonesia yang mengakibatkan Aplikasi STAR tidak berjalan sebagaimana semestinya. Tetapi pada pukul 09.02 kendala tersebut saat ini sudah berjalan normal kembali.

“Untuk nasabah–nasabah yang ordernya masih pending mohon untuk dilakukan withdraw,” tulis Samuel Sekuritas dalam pengumumannya.

Perusahaan menekankan komitmennya untuk selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk seluruh nasabah pemilik rekening efek.

Perusahaan juga mohon maaf sebesar-besarnya lantaran menimbulkan ketidaknyamanan atas kegiatan transaksi jual–beli efek nasabah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Sekuritas