Sukses

PHK Karyawan, Indosat Pastikan Proses Sesuai Aturan

Indosat Ooredoo Hutchison menyatakan, perusahaan telah menempuh langkah rightsizing yang berlangsung dengan lancar.

Liputan6.com, Jakarta - PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (ISAT) menyampaikan pihaknya tengah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Director and Chief of Human Resources Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Irsyad Sahroni menuturkan, perusahaan telah menempuh langkah rightsizing yang berlangsung dengan lancar. 

“Indosat Ooredoo Hutchison telah menawarkan paket PHK yang secara  signifikan lebih tinggi dari yang dipersyaratkan undang-undang,” kata Irsyad dalam keterangan resminya, Jumat (23/9/2022).

Selain itu, terdapat paket kompensasi yang ditawarkan kepada karyawan adalah rata-rata 37 kali upah,  bahkan yang tertinggi mencapai 75 kali upah, dan secara signifikan lebih tinggi di atas  persyaratan ketentuan undang-undang yang berlaku. 

“Lebih dari 95 persen dari mereka yang terkena dampak telah menerima  penawaran rightsizing sementara sebagian kecil sisanya masih  mempertimbangkan tawaran tersebut,” kata dia.

Tak hanya itu, perusahaan pun telah melakukan komunikasi secara langsung dan transparan dengan semua  karyawan. Semua telah memahami perlunya meningkatkan kelincahan dan bertumbuh  lebih cepat sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan pasar saat ini.

Dengan demikian, inisiatif reorganisasi sangat penting untuk keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis  perusahaan ke depan.  

"Inisiatif rightsizing berjalan lancar sesuai rencana dan telah diterima dengan baik oleh  sebagian besar karyawan yang terkena dampak. Prosesnya sejalan dengan peraturan  perundang-undangan yang ada dan telah dilakukan dengan pertimbangan matang,  yang dilakukan secara objektif dan fair," ujar Irsyad.

Inisiatif rightsizing ini didasarkan pada strategi bisnis ke depan dan pertimbangan yang  komprehensif, yang diharapkan dapat menjadi langkah strategis yang membawa  Indosat Ooredoo Hutchison menjadi perusahaan telekomunikasi digital paling dipilih di  Indonesia. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biang Kerok Laba Indosat Susut 41,75 Persen pada Semester I 2022

Sebelumnya, PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar 50,3 persen menjadi Rp 22,53 triliun dari Rp 14,98 triliun pada semester I 2021.

Sayangnya, raihan itu tak berbanding lurus dengan perolehan laba perseroan. Pada semester I 2022, Indosat mencatatkan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk turun 41,75 persen menjadi Rp 3,26 triliun dari Rp 5,6 triliun pada semester I 2021. Sehingga laba per saham dasar menjadi Rp 406,57 dari sebelumnya Rp 1.030.

Director & Chief Financial Officer IOH, Nicky Lee menjelaskan, ada beberapa hal yang berkontribusi terhadap laba bersih perseroan pada semester I 2021. Salah satunya penjualan dan sewa menara yang tercatat menyumbang Rp 6,17 triliun. Sementara untuk tahun ini tidak ada transaksi serupa yang dicatatkan, sehingga ada selisih signifikan.

"Jadi ada pendapatan dari jual dan sewa balik menara yang sangat besar, yang hanya terjadi sekali. Dan pada paruh pertama 2022, kami berhasil menyelesaikan aliansi kami membentuk usaha patungan pada bisnis Data Center dengan grup BDX. Sehingga membantu berkontribusi untuk pendapatan," ujar Nicky dalam paparan publik perseroan, Kamis (18/8/2022).

Mengutip laporan keuangan Indosat, pada semester I 2021 Indosat mencatatkan keuntungan dari jual dan sewa menara senilai Rp 6,17 triliun, pada semester I 2022 perseroan mencatatkan keuntungan yang dialokasikan dengan hilangnya pengendalian atas entitas anak sebesar Rp 3,58 triliun.

3 dari 4 halaman

Kinerja Perseroan

Dengan asumsi dua transaksi itu tidak terjadi, Nicky mengatakan laba bersih perseroan tercatat masih tumbuh.

"Jika anda kembali melihat jumlah yang sebenarnya, tidak termasuk item yang terjadi satu kali namun signifikan, anda lihat sebenarnya ada pertumbuhan yang cukup baik dari tahun ke tahun,” kata dia.

Adapun laba usaha perseroan pada semester I 2021 tercatat sebesar Rp 7,07 triliun. Dengan asumsi keuntungan jual dan sewa menara sebesar Rp 6,17 triliun tidak dicatatkan, laba usaha akan menjadi Rp 906,53 miliar.

Sementara laba usaha pada semester II 20222 tercatat sebesar Rp 6,1 triliun. Dengan asumsi keuntungan yang diasosiasikan dengan hilangnya pengendalian atas entitas anak sebesar Rp 3,6 triliun tidak dicatatkan, laba usaha menjadi Rp 2,52 triliun.

 

4 dari 4 halaman

Tebar Dividen

Sebelumnya, pemegang saham PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), menyetujui rencana pembagian dividen tunai sekitar Rp 7 triliun atas laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2021.

Hal itu disepakati dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) Indosat yang digelar Kamis, 18 Agustus 2022.

"RUPSLB menyetujui pembagian dividen tunai dengan total hampir Rp 7 triliun," ungkap Director and Chief Regulatory Officer IOH, Muhammad Danny Buldansyah dalam paparan publik usai RUPSLB, Kamis (18/8/2022).

Besaran dividen yang dibagikan terdiri dari seluruh laba bersih perseroan tahun buku 2021 sebesar Rp 6,75 triliun, ditambah dengan sebagian laba ditahan yang belum dicadangkan sampai dengan 31 Desember 2021 sebesar Rp 249,1 miliar.

Dalam kesempatan yang sama, President Director & CEO IOH, Vikram Sinha mengatakan, pada Desember lalu perseroan telah membagikan dividen interim sebesar Rp 4,99 triliun atau setara setara Rp 920,14 per saham. Sementara sisanya sekitar Rp 2 triliun 2 akan dibagikan pada September 2022.

"Sisanya sekitar Rp 2 triliun atau Rp 248,06 per saham akan dibayarkan pada pemegang saham selambat-lambatnya 21 September 2022,” kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.