Sukses

Aplikasi Ajaib dan Stockbit Sempat Gangguan, Ini Kata BEI

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Irvan Susandy menuturkan, kendala di Stockbit dan Ajaib adalah kendala internal.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) akan meminta keterangan kepada Ajaib Sekuritas dan Stockbit terkait terjadinya gangguan pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Irvan Susandy menuturkan, kendala di Stockbit dan Ajaib adalah kendala internal yang masih akan diminta keterangan. Hal ini terkait detil teknis, problem solving dan mitigasinya.

"Bursa akan melakukan analisa berdasarkan keterangan dari Stockbit dan Ajaib,” ujar Irvan kepada wartawan, Kamis (11/8/2022).

Sebelumnya warganet sempat mengeluhkan gangguan aplikasi investasi saham Stockbit dan Ajaib.

"@Stockbit kenapa error terus dari jam 9 pagi ini?!!?? Tolong segera respon di DM!,” tulis akun Twitter @BEAU******.

"Siang admin mohon dibantu cek sekuritas @ajaib_investasi hari ini error sangat merugikan retail-retail dan sering sekali di jam pembukaan Market cc  @ojkindonesia,” ungkap akun Twitter @Dhon****.

Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, manajemen Ajaib Sekuritas mengatakan gangguan disebabkan oleh partner pihak ketiga telah teratasi dan saat ini seluruh layanan telah beroperasi normal.

"Ajaib memastikan seluruh dana dan portofolio pengguna tetap aman. Kami akan terus bekerja sama dengan partner pihak ketiga untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi lagi,” ujar Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia Anna Lora, dalam keterangan tertulis.

Ia menambahkan, Ajaib secara aktif menerapkan dan memperbaharui berbagai fitur keamanan agar pengguna dapat terus bertransaksi secara aman dan nyaman sebagai bentuk komitmen perseroan. "Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, pengguna Ajaib dapat menghubungi customer service Ajaib di email support@ajaib.com,” ujar dia.

Sementara itu, PR and Corporate Communication Lead Stockbit William menuturkan, saat ini fitur trading sudah kembali dapat digunakan. Ia mengatakan, aplikasi memang terjadi gangguan sistem yang disebabkan oleh pihak ketiga dan tim berkoordinasi untuk segera menyelesaiakannya.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang pengguna/investor rasakan akibat adanya gangguan ini. Kepada para pengguna, kami juga ingin menginformasikan bahwa untuk seluruh transaksi jual dan beli saham selama 10-19 Agustus 2022, Stockbit akan menggratiskan biaya broker,” kata dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan Ajaib

Sebelumnya, manajemen Ajaib Sekuritas  menyatakan seluruh layanan telah beroperasi normal usai alami gangguan yang disebabkan partner pihak ketiga. Ajaib memastikan seluruh dana  aman.

Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia Anna Lora menuturkan, gangguan disebabkan oleh partner pihak ketiga telah beroperasi normal. Ajaib memastikan seluruh dana dan portofolio pengguna tetap aman.

"Kami akan terus bekerja sama dengan partner pihak ketiga untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi lagi,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Rabu (10/8/2022).

Ia  menuturkan, Ajaib secara aktif menerapkan dan memperbaruhi berbagai fitur keamanan agar pengguna dapat terus bertransaksi secara aman dan nyaman sebagai bentuk komitmen perseroan untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna.

"Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, pengguna Ajaib dapat menghubungi Customer Service Ajaib di email support@ajaib.com,” kata dia.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Penjelasan Stockbit

Sementara itu, PR and Corporate Communication Lead Stockbit William menuturkan, saat ini fitur trading sudah kembali dapat digunakan. Ia mengatakan, aplikasi memang terjadi gangguan sistem yang disebabkan oleh pihak ketiga dan tim berkoordinasi untuk segera menyelesaiakannya.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang pengguna/investor rasakan akibat adanya gangguan ini. Kepada para pengguna, kami juga ingin menginformasikan bahwa untuk seluruh transaksi jual dan beli saham selama 10-19 Agustus 2022, Stockbit akan menggratiskan biaya broker,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Ajaib

  • Stockbit