Sukses

Dilema Akuisisi Elon Musk, Kinerja Twitter Merosot pada Kuartal II 2022

Kinerja Twitter pada kuartal II 2022 meleset dari perkiraan analis baik dari pendapatan hingga jumlah pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter mengumumkan kinerja untuk kuartal II 2022. Pada periode tersebut, kinerja Twitter meleset dari perkiraan analis, baik dari sisi pendapatan hingga pertumbuhan pengguna. 

Menyusul pengumuman itu, saham Twitter ditutup naik sekitar 0,8 persen pada perdagangan Jumat, 22 Juli 2022. Pada kuartal II 2022, perusahaan mencatatkan kerugian yang disesuaikan sebesar 8 sen per saham, dari yang diharapkan mencatatkan laba 14 sen per saham.

Sementara pendapatan pada kuartal II 2022 tercatat sebesar USD 1,18 miliar dari ekspektasi analis sebesar USD 1,32 miliar. Adapun pengguna aktif harian yang dapat dimonetisasi (Monetizable Daily Active Users/mDAU) tercatat sebesar 237,8 juta, meleset tipis dari perkiraan analis sebanyak 238,08 juta pengguna diharapkan.

Melansir CNBC, Sabtu (23/7/2022), pendapatan itu turun 1 persen secara tahunan (yoy) USD 1,18 miliar pada kuartal II 2022. Wall Street sebelumnya memperkirakan pendapatan mencapai USD 1,32 miliar, atau tumbuh 10,5 persen yoy.

Menurut Refinitiv, capaian Twitter pada kuartal II 2022 ini menandai penurunan pendapatan terbesar Twitter yang pernah ada, dengan hasil 11 persen di bawah perkiraan. Perusahaan mengatakan penurunan pendapatan lantaran adanya hambatan pada industri iklan di tengah kondisi makro ekonomi yang menantang.

Selain itu, ketidakpastian terkait akuisisi Twitter oleh Elon Musk juga disebut jadi biang kerok anjloknya kinerja Twitter pada kuartal II 2022.

Adapun biaya dan pengeluaran selama kuartal tersebut membengkak 31 persen yoy menjadi USD 1,52 miliar. Sehingga perusahaan mencatatkan rugi 8 sen per saham, kerugian pertama yang disesuaikan dalam dua tahun terakhir, sekaligus yang kedua dalam sejarahnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Twitter Gugat Elon Musk

Twitter mengajukan gugatan terhadap Elon Musk di Pengadilan Kanser Delaware pada Selasa, 12 Juli 2022 setelah miliarder itu mengatakan mengakhiri kesepakatan senilai USD 44 miliar atau Rp 659 triliun (asumsi kurs Rp 14.990 per dolar Amerika) untuk membeli perusahaan tersebut.

Twitter mengatakan Elon Musk, setelah memasuki perjanjian merger yang mengikat, sekarang menolak untuk menghormati kewajibannya kepada Twitter dan pemegang sahamnya karena kesepakatan yang dia tandatangani tidak lagi melayani kepentingan pribadinya.

Gugatan Twitter diharapkan setelah Musk mengatakan akhir pekan lalu bahwa dia tidak lagi berencana untuk membeli jejaring sosial, mengutip bot Twitter dan mengklaim bahwa perusahaan tidak memberinya informasi yang dia butuhkan untuk mengevaluasi kesepakatan.

Gugatan yang diajukan pada Selasa menandai awal dari apa yang bisa menjadi pertempuran hukum yang berlarut-larut ketika Twitter berusaha untuk menahan Musk pada kesepakatannya untuk membayar USD 54,20 per saham untuk perusahaan, dan ketika Musk berusaha untuk dikeluarkan dari perjanjian.

Hasil perselisihan bisa tidak dapat diprediksi dan dapat melibatkan hakim yang memaksa Musk untuk menyelesaikan kesepakatan atau memaksanya membayar biaya perpisahan USD 1 miliar atau Rp 14,9 triliun, atau skenario lain termasuk penyelesaian, negosiasi ulang harga pembelian, atau bahkan Musk berjalan pergi tanpa membayar apa pun. Hal itu diungkapkan oleh pakar hukum.

Twitter sedang mencari persidangan empat hari pada September, menurut pengajuan pengadilan.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Argumen Twitter

Dalam gugatan yang diajukan Selasa, Twitter berargumen perilaku Musk selama mengejar jejaring sosial adalah itikad buruk dan menuduh CEO Tesla bertindak menentang kesepakatan itu sejak pasar mulai berputar.

"Setelah memasang tontonan publik untuk memainkan Twitter, dan setelah mengusulkan dan kemudian menandatangani perjanjian merger yang ramah penjual, Musk tampaknya percaya bahwa dia  tidak seperti setiap pihak lain yang tunduk pada undang-undang kontrak Delaware bebas untuk berubah pikiran, membuang perusahaan, mengganggu operasinya, menghancurkan nilai pemegang saham, dan pergi,” tulis Twitter dalam pengaduan, dikutip dari CNBC, Rabu, 13 Juli 2022.

"Penolakan ini mengikuti daftar panjang pelanggaran kontrak material oleh Musk yang telah merusak Twitter dan bisnisnya," tulis Twitter dalam gugatannya.

Gugatan tersebut mengklaim, apa yang Musk katakan tentang mengapa dia ingin mengakhiri kesepakatan, termasuk prevalensi bot pada layanan, adalah dalih.

4 dari 4 halaman

Minta Pertanggungjawaban Elon Musk

Musk mengumumkan rencana untuk membeli Twitter seharga USD 54,20 per saham pada April. Saham diperdagangkan dengan harga lebih dari USD 34 per saham pada penutupan Selasa, yang lebih dari 37 persen lebih rendah dari penawaran Musk.

Twitter mengaitkan penurunan sebagian dengan tindakan Musk, meskipun perusahaan media sosial lainnya juga melihat harga saham mereka turun selama periode yang sama.

"Sejak menandatangani perjanjian merger, Musk telah berulang kali meremehkan Twitter dan kesepakatan itu, menciptakan risiko bisnis untuk Twitter dan tekanan ke bawah pada harga sahamnya," kata Twitter dalam gugatannya.

Twitter mengajukan gugatan untuk "meminta pertanggungjawaban Elon Musk atas kewajiban kontraktualnya," tweet ketua dewan Twitter Bret Taylor. 

"Oh, ironi lol," tweet Musk setelah pengarsipan Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.