Sukses

Vaksin Booster Digenjot, Pendapatan LPKR dari Bisnis Mal Diprediksi Cerah

Lippo Karawaci sudah meniadakan diskon sewa mal sejak Desember 2021 dan berlanjut hingga Januari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mendorong pertumbuhan ekonomi. Langkah yang dijalankan adalah dengan membuka kembali akses berbagai kegiatan dengan syarat protokol kesehatan ketat. Dampak pelonggaran ini tentu saja mendorong industri mal atau pusat perbelanjaan.

Analis Citigroup Sekuritas Indonesia Felicia Asrinanda Barus menyampaikan meskipun masih ada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), operasional mal telah menunjukkan peningkatan kunjungan sejak akhir 2021.

Peningkatan kunjungan tersebut dipicu oleh penurunan kasus Covid-19, pemberian vaksin booster atau vaksin ketiga, dan izin operasional yang lebih baik dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

"Operasional mal memang kembali menurun pada Januari 2022 akibat peningkatan kasus varian Omicron. Namun, belakangan kasus Covid-19 kembali menurun sehingga operasional mal diprediksi akan kembali meningkat dan berpotensi ke level normal pada semester II 2022," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat (4/3/2022).

Felicia menambahkan pengelola mal seperti PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) pun mendapatkan sentimen positif dan berpotensi membukukan pertumbuhan pendapatan berulang (recurring income) pada 2022 seiring dengan peningkatan bisnis mal. Selain itu, di samping dari sisi kunjungan, peningkatan pendapatan berulang dari mal juga berasal dari pengurangan diskon sewa tenant.

Lippo Karawaci sudah meniadakan diskon sewa mal sejak Desember 2021 dan berlanjut hingga Januari 2022. Sebagai perbandingan, pada September 2021, Lippo Karawaci memberikan diskon sewa tenant 30 persen dan berangsur turun menjadi 10 persen pada November 2021.

Felicia Asrinanda Barus juga memprediksi pendapatan berulang dari mal para emiten properti bisa bertumbuh 24 persen YoY (year on year) pada 2022. LPKR sendiri menjadi salah satu emiten properti yang akan mencatatkan peningkatan pendapatan berulang pada tahun ini.

 

422277

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelola 74 Mal

CEO Lippo Karawaci John Riady mengatakan bisnis properti semakin membaik seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat dan penurunan kasus Covid-19. Tingkat kunjungan mal kian meningkat dengan pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat.

John Riady juga menyampaikan bahwa bisnis properti sewa seperti mal meningkat signifikan karena mendapat keuntungan dari pelonggaran PPKM.

Lippo Karawaci mengoperasikan pusat perbelanjaan melalui PT Lippo Malls Indonesia (LMI) yang merupakan pengembang dan operator mal terbesar di Indonesia yang memiliki dan mengelola lebih dari 74 mal yang tersebar di 40 kota di Indonesia.

Saat ini, LMI mengelola lebih dari 3 juta m2 gross area dan memiliki 13.000 tenant di seluruh malnya. Portofolio mal LMI tersebar di Jabodetabek, Bandung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Indonesia bagian Timur seperti Makassar, Manado, Bali dan Kupang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.