Sukses

Aplikasi Investasi Ini Rilis Micro E-mini Nasdaq 100 Index Futures

Dengan produk ini (Micro E-mini Nasdaq 100 Index Futures), investor berkesempatan memperluas cakupan diversifikasi portofolio.

Liputan6.com, Jakarta - Pluang, aplikasi investasi yang menyediakan beragam cara investasi  resmi menghadirkan produk baru yang memungkinkan pengguna berinvestasi dengan mudah dan nyaman.  

Produk itu bernama Micro E-mini Nasdaq 100 Index Futures yakni produk berjangka yang ditransaksikan pada Chicago Mercantile Exchange (CME). Pluang menjadi aplikasi investasi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menawarkan produk tersebut kepada investor domestik. Yang sebelumnya menghadirkan Micro E-mini S&P 500 Index Futures pada November 2020.

Dengan produk ini (Micro E-mini Nasdaq 100 Index Futures), investor berkesempatan memperluas cakupan diversifikasi portofolio. Indeks Nasdaq 100 merupakan indeks melacak kinerja saham 100 perusahaan non-keuangan terbesar di bursa Nasdaq. Indeks didominasi oleh perusahaan teknologi global terkemuka. Saat ini, Nasdaq 100 memiliki nilai kapitalisasi pasar saham sebesar USD 15 triliun.

"Banyak pelanggan kami sudah mengetahui merek perusahaan teknologi seperti Microsoft (MSFT), Facebook (FB), Amazon (AMZN), Apple (AAPL) dan Alphabet (GOOG/GOOGL). Mereka sudah akrab dengan produk, merek, dan model bisnis mereka. Produk Indeks Nasdaq 100, sekarang memungkinkan para investor berinvestasi langsung ke dalamnya," ujar Co-Founder Pluang, Richard Chua, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (21/9/2021).

Micro E-mini Nasdaq-100 Index Futures menjadi produk kedua Pluang yang memberikan kesempatan bagi investor dalam negeri untuk berinvestasi di pasar modal Amerika Serikat. Kehadiran Pluang Nasdaq-100 pun memberikan kesempatan bagi investor untuk menanamkan modal di saham-saham perusahaan yang terkonsentrasi di sektor teknologi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diversifikasi Portofolio

Para investor bisa membeli Micro E-mini Nasdaq 100 Index Futures di Pluang baik dengan mata uang rupiah maupun dolar AS pada wallet yang ada di aplikasi Pluang. Investasi bisa dimulai pada kisaran Rp 300.000 pada indeks Nasdaq 100 dalam bentuk Micro E-mini Nasdaq 100 Index Futures.

Hal ini bisa membantu pengguna untuk berinvestasi di pasar saham AS sekaligus diversifikasi portofolio dengan akses yang mudah dan harga terjangkau.

Pluang juga pernah merilis produk serupa pada November 2020 bernama Micro E- Mini S&P 500 Index Futures. Produk tersebut membantu investor mendapatkan eksposur pasar modal global.

"Sebagai salah satu indeks saham kelas atas dunia. Jadi untuk performa S&P 500 tidak perlu diragukan lagi. Nilai indeks S&P 500 tercatat melonjak 47,26 persen sejak November 2020-Agustus 2021," demikian mengutip dari keterangan tertulis.

Meskipun baru diluncurkan, performa Nasdaq 100 pun boleh diadu dengan S&P 500. Pada periode yang sama, nilai NASDAQ telah meningkat 88,4 persen jauh mengungguli kinerja indeks S&P 500. Meroketnya nilai NASDAQ salah satu penyebab kinclongnya nilai Nasdaq 100 sehingga meningkatnya pendapatan perusahaan teknologi seiring maraknya permintaan produk-produk teknologi di masa pandemi COVID-19.

“Eksposur Nasdaq 100 memberikan diversifikasi penting bagi semua investor Indonesia, karena terdiri dari 102 saham yang diterbitkan oleh 100 perusahaan non-keuangan terbesar yang terdaftar di pasar saham Nasdaq. Alih-alih membeli satu per satu saham AS, indeks ini membantu Anda mendiversifikasi portofolio secara otomatis. Bahkan, kinerja NASDAQ 100 lebih kompetitif dibandingkan indeks lainnya," kata Richard.

Baik transaksi produk Micro E-Mini S&P 500 Index dan Micro E-Mini Nasdaq 100 Index Futures di aplikasi Pluang seluruhnya diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Aplikasi Pluang, melalui PT PG Berjangka sudah mengantongi izin Pendistribusian Amanat Nasabah ke Bursa Luar Negeri (PALN) dari BAPPEBTI.

 

Reporter: Ayesha Puri

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.