Sukses

Bursa Saham Asia Dibuka Variatif Menanti Data Manufaktur China

Saham-saham di Asia Pasifik dibuka bervariasi pada perdagangan Senin

Liputan6.com, Jakarta Saham-saham di Asia Pasifik dibuka bervariasi pada perdagangan Senin pagi karena rilis data China selama akhir pekan menunjukkan aktivitas pabrik negara itu berkembang pada Mei.

Dikutip dari laman CNBC, Senin (1/6/2020), di Jepang, Nikkei 225 menguat 0,56 persen karena saham kelas berat indeks dan konglomerat Softbank Group melonjak 2,07 persen. Indeks Topix juga diperdagangkan 0,3 persen lebih tinggi.

Kospi Korea Selatan naik 0,77 persen. Reuters melaporkan Senin bahwa ekspor negara itu pada bulan Mei turun 23,7 persen YoY. Itu lebih buruk dari ekspektasi dalam jajak pendapat Reuters tentang penurunan rata-rata 22,1 persen tahun-ke-tahun.

Sementara itu, saham di Australia menurun, dengan S & P / ASX 200 turun 0,76 persen.

Secara keseluruhan, indeks saham MSCI Asia ex-Jepang diperdagangkan 0,17 persen lebih tinggi.

Fokus investor pada hari Senin kemungkinan akan pada data ekonomi Tiongkok untuk mengukur pemulihan keadaan ekonomi negara lebih baik dari pandemi virus corona.

Data yang dirilis pada akhir pekan oleh Biro Statistik Nasional China menunjukkan aktivitas pabrik di negara itu berkembang pada bulan Mei, dengan Indeks Manajer Pembelian (PMI) manufaktur resmi berada di 50,6.

Itu adalah penurunan dari cetakan 50,8 pada bulan April dan di bawah level 51,0 yang diperkirakan oleh para analis, menurut Reuters. Namun, angka untuk Mei berada di atas level 50, yang memisahkan ekspansi dari kontraksi dalam pembacaan PMI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indeks Manufaktur China

Ke depan hingga Senin, survei terhadap aktivitas manufaktur China akan dirilis pada jam 9:45 HK / SIN, ketika PMI manufaktur Caixin / Markit akan keluar.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berada di 98.214 setelah menurun dari level di atas 99,6 minggu lalu.

Yen Jepang diperdagangkan pada 107,77 per dolar setelah melihat pergerakan bergejolak pekan lalu karena berayun dari level di atas 107,7 menjadi sekitar 107,1.

Dolar Australia berpindah tangan pada USD 0,6673 setelah kenaikannya dari level di bawah $ 0,655 pada minggu perdagangan sebelumnya.

Harga minyak lebih rendah di pagi hari jam perdagangan Asia, dengan patokan minyak mentah berjangka internasional Brent 0,95 persen lebih rendah pada USD 37,48 per barel. Minyak mentah berjangka AS juga turun 1,18 persen menjadi USD 35,07 per barel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini