Sukses

3 Hal yang Harus Dilakukan Saat Pasar Saham Jatuh

Saat terbaik untuk menganalisis investasi Anda adalah sebelum pasar saham jatuh.

Liputan6.com, Jakarta - Saat terbaik untuk menganalisis investasi Anda adalah sebelum pasar saham jatuh. Tidak ada yang tahu dengan pasti kapan hal itu terjadi. Tapi ia bisa datang kapan saja.

Tapi lupakan sejenak hal itu. Yang penting adalah investasi Anda saat ini bagaimana, apakah sudah aman dari guncangan kalau harga saham-saham turun?

 



Seperti ditulis oleh Money, Senin (14/3/2016), berikut tiga cara yang harus dilakukan untuk menghadapi kejatuhan pasar saham:

1. Lakukan review terhadap portofolio Anda

Anda perlu menjawab beberapa pertanyaan berikut ini. Apakah saham-saham yang Anda pegang masih masuk akal? Apakah persentasenys sesuai dengan portofolio Anda? Apakah saham ini masih punya peran besar dalam portofolio Anda?

2. Buat portofolio yang merefleksikan toleransi risiko Anda

Langkah termudah bisa Anda lihat dari seberapa besar kepemilikan di surat utang dan saham. Yang terpenting Anda harus memastikan antara portofolio dan toleransi risiko Anda dalam keadaan sinkron ketika pasar saham jatuh.

3. Buat komitmen

Buat tulisan berisi langkah-langkah yang perlu Anda lakukan ketika pasar saham turun. Jadikan ini komitmen Anda.

Langkah ini bertujuan supaya ketika hal buruk terjadi Anda tidak buru-buru langsung menjual saham dan mengalokasikannya untuk membeli emas atau apapun yang kelihatan aman. Keputusan investasi yang terburu-buru hanya membuat Anda menyesalinya. (Elsa/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini