Sukses

Gibran Bareng Jan Ethes Salat Idul Adha di Halaman Balai Kota Surakarta

Cawapres terpilih yang juga Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menunaikan Salat Idul Adha di Halaman Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024).

Liputan6.com, Solo - Cawapres terpilih yang juga Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menunaikan Salat Idul Adha di Halaman Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024).

Gibran datang bersama dengan istrinya, Selvi Ananda, dan kedua anaknya Jan Ethes Srinarendra serta La Lembah Manah. Keempatnya kompak mengenakan busana bernuansa putih.

Di tempat yang sama, terlihat pula para pemain Timnas U-16 yang akan berlaga pada Piala AFF U-16 juga ikut salat.

Bertindak sebagai imam shalat, yakni KH Muh Muhtarom dan sebagai khatib, yakni Kepala Kantor Kementerian Agama Surakarta Hidayat Maskur.

Dalam khotbah, Hidayat berpesan kepada masyarakat yang merayakan Idul Adha untuk tidak hidup secara berlebihan atau boros.

"Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebihan," katanya.

Ia juga meminta masyarakat untuk membagikan daging hewan kurban sesuai dengan ajaran agama, yakni sepertiga bagian bisa untuk makan sendiri dan keluarga, sepertiga untuk fakir miskin, dan sepertiga lainnya dapat dihadiahkan kepada orang berada.

Ia juga berharap, momentum Idul Adha dapat menjadikan Indonesia makin bersatu.

"Mari berdoa agar Bangsa Indonesia kekal selamanya dan sejajar dengan negara lain," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Presiden Jokowi Salat Idul Adha di Semarang

Sementara itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan salat Idul Adha di Semarang. Jokowi mengingatkan berkurban melalui penyembelihan hewan ternak pada momentum Idul Adha menjadi salah satu ekspresi syukur dan ikhlas manusia atas berkah Allah SWT.

"Berkurban menjadi salah satu ekspresi syukur dan rasa ikhlas kita atas berkah Allah SWT," demikian petikan pernyataan di akun Instagram @jokowi di Jakarta, Senin.

Dalam unggahan yang disukai 26 ribu lebih pengikut itu, ia mengucapkan selamat merayakan Idul Adha 1445 Hijriah.

"Semoga semangat hari raya ini semakin memperkuat persatuan, untuk Indonesia yang damai dan maju," katanya.

Presiden Jokowi merayakan Idul Adha tahun ini di Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kepala Negara melaksanakan Shalat Idul Adha di Lapangan Simpang Lima, Masjid Baiturahman, Semarang.

Presiden memberikan total 68 ekor sapi kurban untuk 38 provinsi di Indonesia dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Ia memberikan bantuan sapi kurban untuk Ibu Kota Nusantara (IKN), sapi kurban untuk Masjid Istiqlal Jakarta, dan sapi kurban untuk Masjid Baiturahman Semarang.

Selain itu, 26 ekor sapi kurban yang diserahkan untuk tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan pesantren di IKN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.