Sukses

Yuk Bisa Yuk! 8 Makanan Ini Bisa Hentikan Kebiasaan Merokok

Ada beberapa makanan atau minuman yang dapat membantu untuk terbebas dari tembakau.

Liputan6.com, Bandung - Merokok bisa menurunkan persepsi indra pengecap. Setiap kali menghisap rokok, maka terhirup lebih dari 7.000 zat kimia yang dapat merusak neuroreseptor di lidah.

Berdasarkan keterangan dari dr. Muhammad Iqbal Ramadhan di laman Klik Dokter, namun berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Tobacco Induced Diseases pada tahun 2017, kerusakan tersebut tidaklah permanen.

"Setelah Anda berhenti merokok paling tidak dalam 2 minggu, maka kemampuan Anda merasakan atau menghidu makanan juga akan kembali seperti sebelum tidak merokok," jelas Iqbal dicuplik Jumat, 7 Juni 2024.

Iqbal menerangkan jika seseorang ingin menghentikan kebiasaan merokok, ada beberapa makanan atau minuman yang dapat membantu untuk terbebas dari tembakau. Berikut adalah sederet makanan untuk membantumu berhenti merokok:

1. Permen Karet atau Permen Mint Bebas Gula

Permen karet atau permen mint bisa membantumu untuk berhenti merokok. Sebab, konsumsi permen dapat membuat mulutmu sibuk mengunyah atau sebagai bahan pengalihan saat Anda ingin merokok.

Ditambah lagi, mengunyah permen karet dan permen mint biasanya lebih lama daripada waktu merokok. Karena itu, mulailah untuk menyetok permen karet atau permen mint saat Anda sedang dalam proses berhenti merokok.

2. Jahe

Tak hanya berguna untuk menambah cita rasa makanan. Konsumsi jahe bisa menjadi salah satu cara berhenti merokok secara alami yang bisa Anda coba.

Ya, bumbu dapur ini disebut-sebut dapat menekan hasrat untuk merokok. Anda bisa mengonsumsi campuran jahe dengan satu sendok gula setiap hari.

3. Teh Ginseng

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat menjadi terapi untuk kecanduan nikotin karena dapat melemahkan efek dopamin, neurotransmiter di otak yang berhubungan dengan kesenangan dan dilepaskan saat merokok.

Minum teh ginseng bisa mengurangi daya tarik terhadap rokok. Bahkan membuatnya terasa kurang nikmat.

4. Susu atau Produk Olahan Susu Lainnya

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Duke University, perokok yang meminum segelas susu sebelum merokok akan merasakan bahwa rokok adalah sesuatu yang tidak mengenakkan, dengan aftertaste yang pahit.

Para perokok tersebut melaporkan bahwa minum susu membuat rasa rokok semakin buruk. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa rasa dari susu ataupun segala produk yang terbuat dari susu, membuat rokok terasa pahit.

Jika menghadapi keinginan besar untuk merokok, konsumsilah susu dan produk olahannya untuk membantu menjauhkan dari rokok.

Menghirup aroma dari kayu manis dapat menggantikan aroma rokok yang biasa dikonsumsi. Keinginan untuk merokok yang sangat besar, akan ditekan dengan mengalihkannya pada aroma kayu manis.

Anda juga dapat menambahkan sedikit bubuk kayu manis ke dalam susu untuk memalingkan hasrat merokok. Jadi, jika mencari asupan makanan untuk berhenti merokok yang menyehatkan, cobalah kayu manis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Buah dan Sayur

Selain bisa menjadi camilan pengganti rokok, kandungan dalam buah dan sayur dapat membantu memulihkan nutrisi dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa rokok menghalangi penyerapan nutrisi penting, seperti kalsium, vitamin C, dan vitamin D. Misalnya, merokok hanya satu batang akan menguras 25 mg vitamin C.

Menurut penelitian, dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah, dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok. Mengunyah wortel, mentimun, dan seledri juga dapat menghentikan kebiasaan merokok. Efek yang ditimbulkan akan sama seperti saat meminum segelas susu.

6. Popcorn

Berondong jagung alias popcorn dapat menjadi makanan untuk membantumu berhenti merokok. Ketika mencoba berhenti merokok, keinginan untuk mengemil akan meningkat dikarenakan Kamu biasanya 'menyibukkan' tangan dan mulut dengan rokok.

Namun, tetap perhatikan kandungan popcorn yang dikonsumsi ya. Sebaiknya hindari tambahan mentega atau topping tinggi kalori lainnya.

7. Kacang-kacangan

Salah satu kekhawatiran orang yang berhenti merokok adalah takut berat badan bertambah karena beralih ke kebiasaan mengemil. Tapi sebetulnya kuncinya adalah memilih makanan yang tepat untuk berhenti merokok.

Anda bisa mencoba ngemil kacang-kacangan, misalnya kacang polong dan kacang kedelai. Berdasarkan penelitian di jurnal Annals of Internal Medicine pada tahun 2015, mereka yang membuat perubahan pada pola makan, salah satunya meningkatkan jumlah serat, berat badannya turun hingga 2 kg.

8. Oatmeal

Serat dalam oatmeal juga membantu membuang racun dari tubuh, termasuk racun dari rokok. Hal ini dapat membantu meringankan gejala penarikan nikotin dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Ketika berusaha stop merokok, rasa dan tekstur makanan akan berubah menjadi lebih baik. Anda juga dapat mencoba minuman dan makanan di atas untuk membantumu berhenti merokok.

Selain itu, Anda bisa melakukan cara lain untuk berhenti merokok, misal dengan berolahraga, terapi pengganti nikotin, konseling, dan lainnya. Selamat mencoba!.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.