Sukses

Melestarikan Budaya dengan Menyaksikan Atraksi Tempa Keris di Kota Solo

Salah satu bentuk melestarikan warisan budaya keris di Kota Solo adalah melalui atraksi tempa keris.

Liputan6.com, Solo - Kota Solo memiliki kekayaan budaya yang masih dilestarikan hingga kini. Salah satu warisan budaya dan tradisi yang terus dilestarikan itu adalah seni menempa keris.

Tak hanya sebagai bentuk pelestarian budaya, kesenian ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Mengutip dari surakarta.go.id, keris dikenal sebagai simbol spiritual dan warisan budaya yang sekaligus merupakan senjata tradisional.

Bukan hanya itu, keris juga merupakan karya seni yang memiliki nilai dan filosofi tinggi. Salah satu bentuk melestarikan warisan budaya keris di Kota Solo adalah melalui atraksi tempa keris.

Melalui atraksi tempa keris, Kota Solo berusaha menjaga dan melestarikan warisan budaya sekaligus mengenalkannya kepada generasi muda dan wisatawan. Atraksi tempa keris digelar di Museum Keris Nusantara yang berlokasi Jalan Bhayangkara No. 2, Sriwedari, Laweyan, Solo.

Seluruh masyarakat umum, baik warga lokal maupun wisatawan, dapat mengikuti atraksi ini. Namun, setiap sesinya hanya bisa diikuti dalam jumlah terbatas.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti atraksi tempa keris bisa mengunjungi akun Instagram @museumkerisnusantara. Melalui akun Instagram, masyarakat bisa mendapatkan informasi mengenai jadwal lengkap pelaksanaan atraksi tempa keris.

Dengan mengikuti atraksi tempa keris, perjalanan berwisata di Kota Solo akan semakin berkesan. Pasalnya, seni ini bukan sekadar tentang menciptakan sebuah benda, tetapi juga tentang menjaga nilai-nilai filosofi dan spiritual yang telah diwariskan nenek moyang.

Sebagai penonton, maka secara tidak langsung masyarakat telah terlibat dalam upaya melestarikan warisan seni dan budaya nusantara. Oleh sebab itu, akan semakin menyenangkan jika menyempatkan diri berkunjung ke Museum Keris Nusantara saat berkunjung ke Kota Solo untuk menyaksikan seni atraksi tempa keris.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.