Sukses

Mengintip Nikmatnya Soto Sokaraja, Kuliner Nikmat Perpaduan Kuah Kaldu dan Sambal Kacang

Soto Sokaraja merupakan kuliner khas Banyumas yang memiliki rasa khas menggugah selera.

Liputan6.com, Bandung - Keberagaman budaya dan warisan kuliner di Indonesia menjadikan negara ini menarik untuk dikunjungi. Beberapa wisatawan baik lokal dan mancanegara mengakui kuliner di beberapa daerah Indonesia memiliki rasa yang nikmat.

Indonesia juga sering menjadi surganya para pecinta kuliner terutama yang menyukai makanan kaya akan rempah. Salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar adalah Soto.

Soto merupakan makanan yang dikenal sebagai hidangan sederhana namun kaya akan rasa dan kehangatan yang nikmat. Di Indonesia sendiri ada beberapa soto yang khas sesuai dari daerahnya masing-masing.

Melalui artikel ini akan membahas salah satu jenis soto nikmat khas Banyumas yaitu Soto Sokaraja. Sebagai informasi Soto Sokaraja merupakan soto khas kecamatan Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.

Keunikan Soto ini ada pada bumbunya yang menggunakan bumbu sambal kacang dan ketupat yang dicampur dalam mangkuk. Rasa soto ini menjadi sangat pekat dan penuh rempah-rempah yang bisa memanjakan lidah.

Diketahui dalam satu mangkuk Soto Sokaraja ada berbagai macam isian seperti bihun, suwiran daging ayam atau daging sapi, dan lain-lain. Tentunya yang menjadi ciri khas dari makanan ini penggunaan ketupatnya.

Pada umumnya soto dinikmati bersama nasi namun berbeda dengan Soto Sokaraja yang dinikmati bersama ketupat yang dipotong kecil-kecil. Biasanya ketupat tersebut terbuat dari janur atau daun muda kelapa yang berisi beras.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dijuluki Sroto

Sebagai informasi Soto merupakan hidangan populer di Indonesia dan setiap daerah mempunyai ciri khas sotonya tersendiri. Diketahui di Banyumas Soto yang paling khas dan legendaris adalah Soto Sokaraja.

Banyumas sendiri terkenal dengan daerah yang mempunyai cita rasa soto khas dengan kuah yang gurih dan manis. Penyajian soto ini juga berbeda dari yang lain karena identik dengan penyajian ketupat serta sambal kacangnya.

Kemudian masyarakat lokal Banyumas menyebut soto dengan sebutan sroto dan menu soto yang terkenal di kota ini adalah sajian Sroto Sokaraja. Berikut ini adalah empat rekomendasi tempat makan Soto Sokaraja yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Banyumas.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi 4 Soto Sokaraja Nikmat

1. Soto Lama H Muradi

Soto Lama H Muradi merupakan tempat makan yang cukup legendaris di Banyumas karena telah berdiri sejak 1978. Tempat makan ini tentunya terkenal karena menu Sotonya dan terdapat menu getuk goreng dan mendoan yang menggugah selera.

Berdiri selama puluhan tahun membuat Soto Lama H Muradi memiliki beberapa cabang dan yang paling terkenal berada di Jl. Mayjend. Sutoyo. Melansir dari ulasan Google tempat makan tersebut meraih rating 4.5 dari total 1.789 pengguna.

Lokasinya berada di Jl. Mayjend. Sutoyo No.55, RT. 04/01, Sawangan, Kedungwuluh, Kec. Purwokerto Bar., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 21.30.

2. Soto Sungeb 1

Soto Sungeb 1 dikenal juga sebagai tempat makan soto legendaris di Banyumas yang telah berdiri sejak 1958. Tempat makan ini tidak pernah sepi pengunjung karena rasanya dikenal nikmat dengan rasa yang khas dari tahun ke tahun.

Melansir dari beberapa sumber Soto Sungeb 1 mempunyai topping ayam kampung yang empuk dengan kuahnya yang terkenal manis dan gurih. Berdasarkan dari ulasan Google tempatnya memiliki rating 4.5 dari total 499 pengguna.

Lokasi Soto Sungeb 1 berada di Jl. RA Wiryaatmaja No.23 A, Pesayangan, Kedungwuluh, Kec. Purwokerto Bar., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 20.00.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Soto Kecik Dua Rasa

Rekomendasi ketiga jatuh pada Soto Kecik Dua Rasa yang memiliki menu ketupat dan bumbu kacang khas. Diketahui tempat makan ini sudah dikelola oleh beberapa generasi sejak tahun 1960 an.

Tempat makan ini juga sering disebut-sebut sebagai pelopor Soto Sokaraja dan terkenal karena bumbu sambal serta rasa kuahnya. Mengutip dari ulasan Google tempat ini memiliki rating 4.2 dari total 1.115 pengguna.

Lokasinya ada di Jl. Jend. Sudirman No.115, Dusun II Sokaraja Tengah, Sokaraja Tengah, Kec. Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari dengan waktu buka selama 24 jam.

4. Soto Sami Asih

Soto Sami Asih atau dikenal juga dengan nama “Bakso dan Soto Sami Asih” merupakan tempat makan yang cukup legendaris karena berdiri sejak tahun 1974. Cita rasa sotonya disebut-sebut nikmat dan tidak pernah berubah.

Seperti namanya tempat makan ini memiliki menu bakso dan soto yang nikmat termasuk Soto Sokaraja. Melalui ulasan Google Bakso dan Soto Sami Asih mempunyai rating 4.5 dari total 5.396 pengguna.

Lokasinya berada di Jl. Pramuka No.23, Sodagaran, Purwokerto Kulon, Kec. Purwokerto Sel., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dan buka setiap Sabtu hingga Kamis pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini