Sukses

Longsor Semarang, Harus Ditangani Detail dan Komprehensif

Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu meminta penanganan longsor di Sendangmulyo Semarang harus detail dan komprehensif.

Liputan6.com, Semarang - Longsor tebing yang berimbas putusnya akses jalan di Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, menjadi perhatian serius Wali Kota Semarang. Tebing yang cukup tinggi di atas permukiman warga beresiko kembali longsor. 

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyatakan penanganan lokasi terdampak bencana tanah longsor telah dilakukan dengan baik. Salah satunya di Perumahan Bukit Sendangmulyo, Jalan Kemuning Raya, Kecamatan Tembalang.

Mbak Ita mengatakan, perkembangan proses pembangunan lahan miring yang dibuat bertingkat-tingkat untuk pencegahan terjadinya longsor kembali, telah dilakukan dengan cepat oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang.

"Perkembangan proses pembangunan terasering sudah dilakukan dengan baik," kata Mbak Ita.

Menurutnya tugas Disperkim Kota Semarang fokus pada penanganan tanah longsor, sedangkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang lebih pada koordinasi tanggap darurat banjir bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang.

"Ini betul-betul harus dilakukan penanganan yang detail dan komprehensif, karena sebelahnya sudah rumah-rumah. Kalau tidak ditangani takutnya akan terjadi longsor kembali," katanya.

Mbak Ita mengatakan, langkah cepat dilakukan ketika tanah longsor itu terjadi pada 13 Maret 2024 lalu, bersamaan dengan adanya bencana banjir yang melanda sebagian wilayah Pantai Utara (Pantura) dan Kota Semarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini