Sukses

Tak Hanya Exhuma, Ini 4 Film Korea Terlaris di Indonesia

Sebelum Exhuma, ada beberapa film Korea yang juga berhasil merajai box office lokal.

Liputan6.com, Yogyakarta - Film Exhuma berhasil melampai Parasite karya Bong Joon Ho sebagai film Korea dengan penonton terbanyak di Indonesia. Bahkan, film bergenre misteri suprnatural ini mendominasi box office lokal sejak dirilis pada 22 Februari 2024 lalu.

Sebelum Exhuma, ada beberapa film Korea yang juga berhasil merajai box office lokal. Dirangkum dari laman IMDb, berikut film Korea terlaris di Indonesia.

1. Exhuma

Exhuma merupakan film Korea terbaru yang mengusung genre thriller-horor. Film itu dibintangi deretan aktor hit dari dua generasi berbeda, yakni Choi Min Sik, Yoo Hae Jin, Lee Do Hyun dan Kim Go Eun.

Film ini mengisahkan sebuah insiden supranatural yang mendorong dua dukun piawai menjalani ritual demi mencegah teror berbahaya. Cerita Exhuma dibuka dengan keluarga kaya raya dari Los Angeles, Amerika Serikat, mengalami rangkaian peristiwa supranatural yang aneh.

Peristiwa itu tidak bisa dibiarkan karena mengancam keselamatan bayi keluarga mereka. Keluarga itu pun meminta bantuan dua dukun muda terkenal, Hwa-rim (Kim Go Eun) dan Bong-gil (Lee Do Hyun). Mereka akan mendapat imbalan yang besar jika sanggup menghentikan ancaman misterius tersebut.

Hwa-ra dan Bong-gil memulai ritual untuk mencari tahu penyebab insiden supranatural itu. Mereka mendapat petunjuk bahwa ancaman itu datang dari roh nenek moyang keluarga yang jahat.

Keluarga itu diteror roh nenek moyang mereka sendiri, atau biasa dikenal sebagai Panggilan Kuburan. Hwa-ra dan Bong-gil lantas meminta bantuan ahli feng shui Sang-deok (Choi Min Shi) bersama ahli gali kubur Yeong-geun (Yoo Hae Jin).

Mereka justru membangkitkan kekuatan jahat yang selama ini terkubur. Keempat orang itu harus segera menyelamatkan diri sekaligus menyelesaikan masalah yang ditimbulkan akibat misi tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Parasite

2. Parasite

Film garapan Bong Joon Ho ini sukses di mana-mana, termasuk di Indonesia. Distributor film Parasite, CBI Pictures, mempublikasikan jumlah penonton film yang tembus hingga 700 ribu penonton.

Parasite raih banyak penghargaan mulai dari film terbaik, sutradara, hingga para pemainnya. Parasite sendiri bercerita tentang keluarga Kim Ki Taek (Song Kang Ho) yang awalnya hidup serba pas-pasan.

Mereka tinggal di rumah semi basement dan bekerja sebagai pelipat kotak pizza. Suatu hari anak laki-lakinya, Kim Ki Woo (Choi Woo Shik) dipercaya menjadi tutor private untuk seorang gadis dari keluarga kaya.

Ki Woo berusaha memasukkan semua anggota keluarganya agar bisa bekerja di rumah keluarga itu. Keluarga Ki Woo menjadi parasit dari majikannya tanpa disadari oleh keluarga Park.

3. The Moon

The Moon merupakan film terbaru sekaligus reuni D.O. EXO bersama sutradara Kim Yong-hwa usai terlibat dalam dua film Along with the Gods, Two Worlds (2017) dan The Last 49 Days (2018). Dalam film ini, idol sekaligus musisi bernama lengkap Doh Kyung-soo akan berperan sebagai astronaut yang terdampar di luar angkasa sendirian di tengah upaya menyelesaikan misi ke Bulan.

The Moon mengambil latar 2029 saat Korea Selatan kembali mencoba eksplorasi Bulan usai sempat gagal beberapa tahun lalu. Kali ini, tim korea Selatan akan memulai perjalanan baru dengan pesawat ruang angkasa Woori Ho.

Peluncuran Woori Ho terjadi lima tahun setelah upaya pertama melalui Narae Ho gagal karena meledak berkeping-keping tak lama setelah diluncurkan. Setelah semua persiapan, Woori-ho siap diluncurkan bersama tiga astronaut, salah satunya adalah Hwang Sun-woo (D.O. EXO).

Sun Woo sesungguhnya lulusan jurusan fisika molekuler dan mantan tentara Underwater Demolition Team (UDT) yang bergabung sebagai anggota termuda dalam tim pesawat ruang angkasa Korea. Meski tak begitu memahami teknis pesawat ruang angkasa, ia ditemani dua astronaut terbaik.

Namun, tanpa pernah ia sangka sebelumnya, terjadi insiden yang membuatnya menjadi satu-satunya orang selamat di ruang angkasa. Hwang Sun Woo kini berada sendiri di luar angkasa usai kehilangan dua anggotanya di tengah misi eksplorasi bulan.

Tim Naro Space Center di Korea Selatan pun berupaya membawanya pulang dengan selamat ke Bumi.

 

3 dari 3 halaman

The Childe

4. The Childe

The Childe merupakan film Korea terbaru yang juga menjadi debut Kim Seon Ho di layar lebar. Dalam film garapan sutradara Park Hoon Jung ini, ia beradu akting dengan Kang Tae-joo, Kim Kang Woo dan Go A Ra.

Dalam The Childe, Kim Seon-ho akan memerankan karakter misterius yang mengejar remaja laki-laki dari Filipina hingga Korea Selatan. The Childe mengisahkan Marco (Kang Tae Jo), seorang keturunan Korea Selatan dan Filipina.

Ia tinggal di Filipina bersama sang ibu yang sakit-sakitan. emi mendapatkan uang pengobatan sang ibu, ia bekerja sebagai petinju pertandingan ilegal.

Namun, kondisi ibu yang semakin mengkhawatirkan membuat Marco akhirnya mencari keberadaan sang ayah di Korea Selatan. ada suatu waktu, ia mendapatkan informasi mengenai sang ayah.

Hal itu membuat Marco akhirnya terbang ke Korea Selatan. Namun, ia mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan saat ke Korea.

Tak hanya itu, pria misterius tiba-tiba muncul di hadapannya. Setibanya di Korea Selatan, pria misterius itu berusaha mengejarnya tanpa henti dan tanpa memberitahukan alasan di balik hal tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.