Sukses

Antusias Warga Sambut Baparekraf Developer Day di Bandung

Baparekraf Developer Day 2024 adalah kegiatan tahunan yang sudah dilaksanakan sejak 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif melaksanakan Baparekraf Developer Day (BDD), Sabtu (9/3/2024) di Bandung. Acara tersebut disambut antusias warga.

Besarnya antusiasme para developer ditandai dengan besarnya jumlah pendaftar yang melebihi target. Pada pelaksanaan BDD tahun ini jumlah yang mendaftar mencapai 5.628 orang, melebihi dari target sejumlah 1.000 peserta.

Untuk diketahui, kesenjangan keterampilan digital antara kebutuhan dan ketersediaan tenaga kerja menjadi faktor utama yang menghambat laju Indonesia sebagai pemain utama di era ekonomi digital dunia.

Padahal, Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi ekonomi digital terbesar di dunia. Menurut laporan e-Conomy SEA 2023 dari Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai ekonomi digital Indonesia pada tahun 2023 mencapai 82 miliar USD dan diproyeksi akan tumbuh menjadi 109 miliar USD pada 2025.

“Masih besarnya gap antara kebutuhan talenta digital yang dibutuhkan industri dengan ketersediaan pasar tenaga kerja, maka pada BDD tahun ini Kemenparekraf membawa tema ‘Bridging the Digital Skills Gap: Paving the Way for Digital Indonesia’,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangannya.

Menurut Sandiaga, tema ini menggambarkan tujuan utama dari acara ini, yaitu untuk memberikan wadah bagi para developer, untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi mereka sesuai dengan kebutuhan industri saat ini dan masa depan

“Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah dalam membangun sinergi dengan berbagai pihak yaitu industri, akademisi, komunitas, dan individu. Harapannya adalah bisa melakukan akselerasi dalam meningkatkan keterampilan digital masyarakat Indonesia. Sehingga dapat memanfaatkan ekonomi digital secara lebih optimal yang berimbas pada peningkatan volume ekonomi digital nasional,” ujarnya.

Baparekraf Developer Day 2024 adalah kegiatan tahunan yang sudah dilaksanakan sejak 2016 dengan tujuan mengasah kemampuan teknis developer digital di Indonesia. Peserta akan mendapatkan transfer knowledge dari para praktisi handal yang sukses dalam sesi workshop dan talkshow.

Adapun sesi materi teknis akan disajikan lebih beragam terbagi ke dalam enam track yaitu Android, Front-End Web,Machine Learning, Multi-Platform App, Back-End Web, dan Data Scientist.

“Selain untuk memberikan wawasan dan informasi terkini mengenai tren,teknologi, dan peluang di industri digital, khususnya di bidang aplikasi dan web,melalui BDD ini kami mendorong dan memotivasi para pengembang digital untuk terusmengembangkan keterampilan dan kreativitas mereka untuk menciptakan solusi digital yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kemenparekraf, Muhammad Neil El Himam,M.Sc.

Narasumber yang dihadirkan adalah para ahli yang terkemuka di bidangnya,diantaranya Narenda Wicaksono (Chief Executive Officer Dicoding), Sandhika Galih sebagai Creator Web Programmer UNPAS, Esther Setiawan (Google Developer Expert Machine Learning) dan Veronica Dian Sari (Data Engineer - Traveloka).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.