Sukses

ChatGPT Perkenalkan Fitur Memori Digital, Berikut Cara Kerjanya

Saat ini ChatGPT tengah memperkenalkan fitur terbaru mereka yaitu "Memori Digital".

Liputan6.com, Bandung - Baru-baru ini OpenAI pengembang dari chatbot kecerdasan buatan (AI) atau pengembang ChatGPT memperkenalkan fitur barunya. Fitur tersebut bernama “Memori Digital” yang bisa digunakan untuk mengingat riwayat percakapan dengan pengguna.

Melansir dari situs resmi OpenAI fitur tersebut diperkenalkan pada Selasa (13/2/2024) dengan melakukan uji terlebih dahulu. Diketahui fitur ini akan bermanfaat bagi pengguna untuk mengingat semua obrolan sehingga tidak perlu mengulangi informasi.

Kami sedang menguji memori dengan ChatGPT. Mengingat hal-hal yang Anda diskusikan di semua obrolan membuat Anda tidak perlu mengulangi informasi dan membuat percakapan selanjutnya lebih bermanfaat,” kata OpenAI.

Fitur terbaru ini bisa dicoba pada minggu ini dan untuk sebagian kecil pengguna ChatGPT gratis dan Plus. Sementara itu peluncuran fiturnya secara luas akan segera dibagikan nanti oleh pihak OpenAI.

Sementara itu mengutip dari The Verge pada Kamis (15/2/2024) memori digital ChatGPT dapat bekerja dalam satu dari dua cara. Penggunanya bisa memberitahukan chatbot tersebut untuk mengingat sesuatu spesifik tentang penggunanya.

Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam hal misalnya mengingat nama atasan ketika mengirim email atau mengingat anak Anda memiliki alergi terhadap sesuatu. Kemudian cara lainnya ChatGPT bisa mengambil detail dari waktu ke waktu.

Sehingga ChatGPT menyimpan informasi tentang Anda dan bisa menjawabnya langsung ketika ditanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja Memori Digital ChatGPT

Melansir dari situs OpenAI dan melalui penjelasan sebelumnya fitur memori digital ChatGPT bisa bekerja ketika Anda mengobrol dengan ChatGPT. Anda bisa meminta ChatGPT untuk mengingat sesuatu yang spesifik atau membiarkannya mengambil detailnya sendiri.

Memori digital ChatGPT bisa bekerja dengan lebih baik dan optimal jika Anda sering menggunakannya. Sehingga seiring berjalannya waktu fitur ini akan mengalami peningkatan karena informasi pribadi yang diterima telah banyak.

Contoh penggunaan memori digital ChatGPT misalnya Anda telah memberitahu melalui chatbot bahwa Anda memiliki balita yang menyukai ubur-ubur. Kemudian Anda meminta ChatGPT untuk membantu membuat kartu ulang tahunnya dan ChatGPT akan menyarankan ubur-ubur mengenakan topi pesta.

3 dari 3 halaman

Cara Mengaktifkan Fitur Memori Digital

Fitur memori digital dapat diaktifkan dan dimatikan kapan saja melalui pengaturan yang tersedia di ChatGPT. Perlu diketahui ketika memori mati maka Anda tidak bisa membuat atau menggunakan fitur memori tersebut.

Lebih jelasnya berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur memori digital di ChatGPT:

1. Buka ChatGPT yang telah terhubung dengan akunmu.

2. Kemudian buka bagian pengaturan yang ada di pojok kiri profile ChatGPT.

3. Setelah itu klik “Pengaturan” atau “setting”.

4. Jika sudah terbuka pilih bagian “personalisasi” atau “personalization”.

5. Setelah terbuka maka pilih bagian “memori” atau “memory” yang bisa diaktifkan dan dimatikan.

Sebagai informasi fitur tersebut masih terbatas dan hanya sebagian kecil pengguna saja yang bisa mencobanya. Diketahui fitur memori digital tersebut masih dalam tahapan tes dan saat ini belum ada informasi terkait kapan peluncuran resminya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini