Sukses

Cerita Christopher Nolan tentang Kesan Pertama Melihat Robert Downey Jr

Cillian Murphy, yang berperan sebagai bapak bom atom J Robert Oppenheimer, masuk nominasi aktor terbaik, sementara Christopher Nolan masuk nominasi sutradara terbaik.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sutradara kenamaan asal Amerika Serikat Christopher Nolan memutuskan untuk menggunakan jasa Cillian Murphy untuk membintangi film terbarunya dalam franchise Batman: The Dark Knight sebagai penjahat Scarecrow.

Padahal beberapa waktu lalu, Robert Downey Jr mengungkapkan jika ia tengah melakukan wawancara dengan Nolan terkait peran tersebut. Namun pada keputusan akhir, Nolan memilih Cillian Murphy. Kabar ini sekaligus penegasan hubungan kolaborasi jangka panjang antara Murphy dan Nolan.

“Saya ingat bertemu (Nolan) untuk minum teh dan saya berpikir, 'Sepertinya dia tidak benar-benar terlibat dalam wawancara ini.' Tapi Anda bisa tahu ketika seseorang berkata, Ini tidak akan berjalan sesuai rencana,” kata Downey yang dikenal sebagai aktor Iron Man itu dikutip dari Independent.

Dalam wawancara lain, Nolan menegaskan jika Downey bukanlah orang tepat untuk memerankan Scarecrow di The Dark Knight. Dari beberapa kemungkinan, Nolan menolaknya karena Downey lekat dengan peran protagonis jika bermain film superhero.

Di sisi lain, Nolan sempat mengaku pernah takut kepada Robert Downey Jr ketika pertama kali bersua pada awal 2000-an. Saat itu, keduanya bertemu dalam sebuah casting untuk film Batman Begins.

“Di kepalaku itu sudah terpampang. Tapi aku selalu ingin bertemu denganmu. Aku adalah pengagum beratmu dan karena itu dengan egois hanya ingin menghadiri pertemuan itu. Tapi aku juga sedikit takut padamu lho. Saya telah mendengar berbagai macam cerita tentang betapa gilanya Anda. Hanya beberapa tahun setelah cerita terakhir tentangmu muncul,” ujar Nolan.

Downey Jr sebelumnya mengatakan dia hidup melalui 30 tahun ketergantungan obat-obatan, dan merasa putus asa sebelum kembali menjadi bintang Iron Man dari Marvel.

Peraih nominasi Oscar itu sekaligus salah satu aktor paling sukses di dunia, pernah menjadi berita utama pada akhir tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an karena ditangkap dan dipenjarakan atas tuduhan penyalahguanaan narkoba.

Downey Jr pertama kali ditangkap pada 1996 karena kepemilikan heroin, kokain, dan senjata kosong. Dia berbicara secara terbuka tentang perjuangannya melawan kecanduan narkoba sebelum menjadi sadar pada Juli 2003.

Nolan kemudian memilih Downey Jr sebagai Laksamana Lewis Strauss dalam epik sejarahnya Oppenheimer, yang membuatnya mendapatkan nominasi untuk penghargaan Aktor Pendukung Terbaik Oscar.

“Saya benar-benar ingin melihat bintang film luar biasa ini melepaskan semua bebannya, karismanya, dan tenggelam dalam penggambaran dramatis seorang pria yang sangat rumit. Saya selalu ingin bekerja dengannya, sungguh. Begitu saya berhenti takut padanya,” kata sutradara The Inception tentang Downey Jr.

Film tentang senjata nuklir ini menyapu bersih nominasi Academy Award tahun ini dan mendapatkan total 13 nominasi. Cillian Murphy, yang berperan sebagai bapak bom atom J Robert Oppenheimer, masuk nominasi aktor terbaik, sementara Christopher Nolan masuk nominasi sutradara terbaik.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.